Iklan

February 14, 2021, 20:35 WIB
Last Updated 2021-02-24T00:17:58Z
Advetorial

Sah ! Presiden Jokowi Lantik ODSK Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Periode 2021 - 2024


Jurnal Manado - Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara terpilih, Olly Dondokambey SE dan Drs Steven OE Kandouw (ODSK), untuk masa jabatan 2021-2024, di Istana Negara Jakarta, Senin (15/1/2021).



Prosesi pelantikan ODSK dilangsungkan bersama pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara terpilih, yakni Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.


Presiden Jokowi saat membacakan sumpah dan janji yang diikuti oleh para gubernur dan wakil gubernur yang dilantik Keduanya diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 19/P/2021 dan Keppres 21/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.


Pelantikan Gubernur-Wagub Sulut dan Gubernur-Wagub Kaltara ini, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.


Pelantikan yang digelar di Istana Negara, tepatnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sangat mengutamakan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu, terlihat dari jumlah tamu undangan yang terbatas. Yakni hanya keluarga inti dan rohaniwan.



Gubernur Olly Dondokambey dengan lantang mengucapkan janji untuk menjalankan kewajiban dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Selanjutnya, Jokowi bertanya kepada para calon gubernur dan wakil gubernur sebelum diambil sumpah jabatan, tentang kesediaan untuk dilantik secara Sah.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah janji menurut agama masing-masing?” kata Jokowi.”


Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Jokowi yang diulang oleh kedua pasangan yang dilantik untuk diambil sumpah dan janji.

Jokowi Kasih Dua Jempol, Ucapan Selamat Untuk ODSK
Pasangan ODSK didampingi istri terkasih saat sesi foto bersama Presiden dan Wapres

“Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen/Protestan, semoga Tuhan menolong saya,” kata Jokowi diikuti Olly-Steven.



Usai prosesi pelantikan, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, serentak memberikan ucapan selamat kepada pasangan Olly-Steven dan pasangan Zainal-Yansen, dengan salam namaste yang kemudian diikuti dengan sesi foto bersama.






Ucapan selamat Presiden dan Wapres kepada pasangan gubernur dan Wagub yang telah dilantik

Pada kesempatan ini, ODSK didampingi istri tercinta Ny Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan dan Ny dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS.

Pasangan ODSK siap memimpin untuk Sulut yang lebih hebat lagi

Sebelumnya, pasangan ODSK bersama keluarga mengawali pelantikan dengan doa bersama, agar semuanya berjalan dalam tuntunan Tuhan.

ODSK bersama istri doa bersama memohon tuntunan Tuhan

Detik-detik menjelang prosesi pelantikan, ODSK didampingi sejumlah pejabat Pemprov Sulut

Puji Tuhan semuanya berjalan baik, mulai dari awal pelantikan sampai selesainya. Di mana masyarakat Sulawesi Utara dapat mengikutinya melalui siaran secara virtual YouTube dan televisi nasional.(adv)