Iklan

April 21, 2021, 18:34 WIB
Last Updated 2021-04-22T01:34:19Z
DinamikaEkonomi

Gelar Program Kick Off , Kemendag RI dan Google Dukung UMKM Indonesia Timur


Jurnal Manado - Google bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menggelar program Kick Off yang bertajuk 'Dukung UMKM Indonesia Timur' Selasa, (20/04/2021). 


Acara berskala nasional yang disiarkan via kanal Youtube Google Indonesia ini, berkolaborasi dengan mitra perbankan seperti BNI, Nobu, KIOSBANK, serta beberapa mitra Komunitas lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memfasilitasi ekspor bagi UMKM Indonesia menjadi profesional dan kompeten dalam penggunaan teknologi digital agar dapat bersaing secara global. 


Menariknya dalam Pelatihan UMKM Nasional yang diadakan oleh Kemendag dan Google ini, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi peserta terbanyak dengan jumlah 22,8%, diikuti Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai peserta terbanyak kedua dengan jumlah peserta 17,6%. 


Menurut Randy yang juga sebagai Country Director Google Indonesia, program hajatan besar ini diinisiasi oleh Wamendag Jerry Sambuaga bersama Tim. Diketahui Wamendag sendiri merupakan salah satu putra kebanggaan daerah Sulawesi Utara. 


“Berawal dari beberapa kali kunjungan kami ke Wamendag Jerry Sambuaga dimana kami sepakat bahwa harus ada fasilitasi bagi UMKM untuk meningkatkan ekspor nasional. Dari situ Tim Wamendag, para pejabat Kemendag dan kami terus berkoordinasi agar program ini terwujud," papar Randy. 


Pihak Google sendiri mengaku senang karena Mendag Muhammad Lutfi juga memberikan perhatian besar kepada program ini hingga akhirnya bisa terealisasi. Program pelatihan UMKM ini diproyeksi akan menjadi bagian bagi peningkatan kapasitas dan volume usaha (upscaling) UMKM Indonesia. 


Sementara itu Wamendag Jerry Sambuaga ketika ditanya mengenai hal ini mengatakan bahwa, ini tidak lepas dari upaya mewujudkan visi Presiden dan arahan Mendag Lutfi. Sebagai usaha dalam pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 ini. 


“Salah satu arahan Mendag adalah agar ekonomi masyarakat khususnya UMKM bisa berjalan dan meningkat. Karena itu, pandemi ini kami lihat sebagai sebuah peluang untuk membangun landasan yang lebih kuat bagi UMKM. Kita berhasil gandeng Google dan beberapa bank” papar Jerry. 


Untuk kalangan UMKM Kemendag berusaha meningkatkan kemampuan UMKM di industri pengolahan yang berkaitan dengan makanan, kerajinan dan ekspor produk-produk unik lainnya yang biasanya keunggulan kompetitifnya dimiliki UMKM. Selain itu, Wamendag Jerry beberapa kali juga berupaya mengusung keinginan untuk memfasilitasi ekspor produk-produk digital, jasa dan produk berteknologi tinggi. (Ipeh)