Iklan

April 26, 2021, 17:00 WIB
Last Updated 2021-04-27T00:00:20Z
Advetorial

Pansus LKPJ Tahun 2020 Tuntas di Bahas. Rocky Wowor: Pansus Turun Lapangan


JurnalManado - Setelah melalui rapat paripurna Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) yang digeler Senin (26/4/2021) tekait dengan Laporan keterangan perranggunganjawab (LKPJ) Gubernur Tahun 2020.


Rapat yang dipimpin Ketua Dewan Sulut dokter Fransiscus Andi Silangen dihadiri Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O E Kandouw serta Sekprov Edwin Silangen dan Kepala SKPD.


Usai paripurna Ketua DPRD Sulut dokter Framsiscus Andi Silangen menyebutkan akan di bentuk Panitia khusus (Pansus) LKPJ Gubernur Tahun 2020.


Dimana masing-masing fraksi mengusulkan anggota Dewan untuk duduk dalam pimpinan Pansus sebagai Ketua Rocky Wowoe Ketua Fraksi PDIP, Raski Mokodompit Sekretaris serra Nick Adicipta Lomban sebagai Wakil Ketua Pansus. Anggota Pansus masing-masing dari Fraksi PDIP Rocky Wowor (Ketua Pansus) Sulut Vonny Paat,Sandra Rondonuwu, Herry Rotinsulu, Agustin Kambey, Firmansya Idrus,Melisa Gerung, Fraksi NasDem Nick Adicipta Lomban Wakil Ketua Pansus, J Victor Mailangkay unsur Wakil Ketua Dewan,Stella Runtuwene,Fraksi Golkar Raski Mokodompit (Sekretaris) anggota Priscillia Cindy Wurangian, dari Fraksi Demokrat Billy Lombok unsur Wakil Ketua Dewan anggota Ronald Sampel, Fraksi Nyiur Melambai Syenni Kalangi serta Amir Liputo.

Sesudah, Direksi bank SulutGo dilanjutkan dengan SKPD Polisi Pamong Praja, lnspektorat,Bappeda KesbangPol,Badan Kepegawaian Daerah, dan sejumlah SKPD. Pertemuan Pansus dengan pihak eksekutif di pimpin langsung Sekprov Edwin Silangen.


Pada hari Kamis (23/4/2021) Pansus memanggi kepala Satuan perangkat daerah (SKPD) seperti Dinas Perikanan, Perkebunan,Pertanian,Kehutanan.Disperindag, Dinas Koperasi,Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Biro Ekonomi, Badan Pemberdayaan perempuan, Dinas Pendidikan,Penanaman modal dan Perijinan Satu Pintu dan penanggungjawab dinas-dinas adalah ke Assisten ll yang dipimpin langsung Assisten ll Sekretaris Daerah Prasyetno Hadi, yang memberikan kesempatan kepada Kepala SKPD untuk memaparkan program kerja dan capaian hasil kinerja di hadapan Pansus LKPJ.

Dalam pertemuan, Anggota Pansus LKPJ  Stella Runtuwene mempertanyakan pemberian bantuan kelompok secara umum di SKPD di bidang perikanan,perikanan bagaimana pembagian, apa yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk kesiapan berkas untuk mendapat bantuan kepada masyarakat khususnya petani dan nelayan.


Sementara itu Anggota Pansus Agustien Kambey mempertanyakan,titik koordinat yang ada di Desa Sea kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa dan lokasi tambang.


Diketahui, sampai saat ini masyarakat yang ada diseputar lokasi tersebut, membingunkan masyarakat sampai dimana titik koodinat harus jelas sehingga masyarakat akan jelas,batas- batas yang dikelolah sebagai petani.


Hal laporan itu, langsung ditanggapi Kepala Dinas Kehutanan Sulut dan kadis langsung  menindaklanjuti atas keluhan warga masyarakat.


Sementara itu, anggota Pansus juga mempertanyakan kuota pupuk untuk jatah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) rasanya tidak cukup kata Sandra Rondonuwu, rasanya jatah kuota pupuk masih.


Penerimaan pupuk di masyarakat hari ada RDKK baru petani me dapatkan pupuk tersebut.


Menanggapi hal tersebut Kadis Pertanisn langsung menanggapi terkait pemberian pupuk mekanismenya seperti itu, pemberian pupuk bersubsidi pemberian pupuk di masyarakat harus ada aturan.

Sementara itu,Wakil Ketua Dewan Sulut Billy Lombok saat bertemu di rapat partai mempertanyakan etika moral yang saat ini sudah terkikis dengan biaya 
.
" Saya ingin mengetahui sampai sejauh mana peran serta terkait nilai- nilai budaya yang sudah terkikis," 

Selanjutnya, rapat pansus yang dipimpin Ketua Pansus Rocky Wowor itu  dilanjutkan pada hari Jumat (23/4/2021) yang menghadirkan sejumlah Kepala SKPD Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial. 

Kepala Dinas Sosial telah menyampaikab beberapa capaian hasil program kerja sudah maksimal atau.

Kepada Anggota Pansus Kadis dokter Rini Tamuntuan mengatakan, dari hasil pemeriksaan BPK RI anggaran bantuan sosial (bansos) 64 milliar untuk bantuan covid 19 setelah dilakukan pemeriksaan tidak ada temuan penggunaan dana tersebut

Dalam.pertemuan SKPD dibawah ke Assisten l seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),Kesehatan Badan Nasional  Penanggulangan Bencana (BNPB) yang pada saat itu Anggota Panitia Khusus (Pansus) Laporan keterangan pertanggungan jawab (LKPJ) gubernur Tahun 2020 Sandra Rondonuwu (Saron) mengingatkan kepada penanggung jawab yang mengkoordinir di Bidang ke Assistenan l, di bawah koordinasi dengan SKPD Dinas Kesehatan,PUPR, BNPB laporannya di kritik habis-habisan terkait pelaporan kegiatan program kerja Tahun 2020.

"Saya bicara atas nama 2 juta maayarakat Sulawesi Utara (Sulut) jadi diingatkan jangan laporan hasil kinerja dan capaian program Tahun 2020 harus dibuat dengan baik dan benar jangan asal jadi.

Karena laporanya seperti anak SD yang hanya copy paste sehingga ini masukan kedepaan jangan seperti ini tegas Saron begitu disapa.

Dalam.pertemuan SKPD dibawah ke Assisten l seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),Kesehatan Badan Nasional  Penanggulangan Bencana (BNPB) yang pada saat itu Anggota Panitia Khusus (Pansus) Laporan keterangan pertanggungan jawab (LKPJ) gubernur Tahun 2020 Sandra Rondonuwu (Saron) mengingatkan kepada penanggung jawab yang mengkoordinir di Bidang ke Assistenan l, di bawah koordinasi dengan SKPD Dinas Kesehatan,PUPR, BNPB laporannya di kritik habis-habisan terkait pelaporan kegiatan program kerja Tahun 2020.

"Saya bicara atas nama 2 juta maayarakat Sulawesi Utara (Sulut) jadi diingatkan jangan laporan hasil kinerja dan capaian program Tahun 2020 harus dibuat dengan baik dan benar jangan asal jadi.

Karena laporanya seperti anak SD yang hanya copy paste sehingga ini masukan kedepaan jangan seperti ini tegas Saron begitu disapa

Hal senada juga, dari Anggota Pansus LKPJ Cindy Wurangian mengkritik program kerja dan pelaporan harus lebih baik lagi, agar kedepan pelaporannya akan berjalan dengan baik.

Pada Senin (26/4/2021) bertempat diruang rapat Komisi l dilanjutkan dengan pembahasan terakhir dengan Sekretariat Dewan Sulut.

Dalam.pertemuan dengan Pansus LKPJ yang di pimpin Ketua Pansus Rocky Wowor itu, pembahasan pada hari Senin (26/4/2021) telah juga menghadirkan Kepala Badan Oenghubung Sulawesi Utara (Sulut) di Jakarta yang dihadiri langsung Kepala Badan Penghubung Chriatian Singal melakukan pertemuan selama satu jam lebih.

Setelah Badan Penghubung dilanjutkan dengan pihak Sekretariat Dewan pada pertemuan dengan Pansus LKPJ.

Kegiatan itu langsung dihadiri Sekwan Glady Kawatu SH MSi dan seluruh pejabat struktural di lingkungan Sekretariat Dewan Sulut.

Dalam pertemuan tersebut, ada bebarapa masukan dari anggota Pansus seperti Anggota Pansus dari Partai Demokrat Ronald Sampel terkait proses pengadministrasian dalam mengurus surat menyurat untuk kesiapan reses karena  hal ini sangat urgen sekali sehingga dibutuhkan keterangan dari pihak Sekretariat, dalam hal Sekwan Sulut.

Sementara itu Anggota Pansus Stella Runtuwene mengatakan, untuk pihak Sekretariat Dewan untuk pemberian undangan rapat-roat dan pelaporan hasil resese perlu diatur dengan memberikan spel waktu agar bisa mengerjakan pelaporannya bisa selesai dengan baik.

Ditempat yang sama juga usulan dari Anggota Pansus Amir Liputo mengusulkan kirinya ada tenaga pendamping untuk masing-masing Anggota Dewan mendapat satu pendamping, pendamping itu apakah ASN atau THL agar supaya ketika ada masukan aspirasi itu bisa disampaikan kepada anggota.

Pendamping ini jangan hanya pada saat reses, baru diberikan pendamping sebaikknya ketika ada hal-hal atau masukan aspirasi bisa diakomodir. Oleh karena itu kedepan diusulkan bisa dianggarkan dan diberikan pelatihan sekaligus melatih sumber daya manusianya.

Menjawab hal itu Sekwan Sulut Glady Kawatu menjawab secara rinci terkait usulan dari anggota Pansus untuk diketahui usulan ini akan dipeebaiki sekaligis akan.memberikan motivasi serta arahan kepada ASN dan THL di Sekretariat Dewan memalui pelatihan di kantor sendiri (PKS).
Panitia khusus (Pansus) Laporan keterangan pertanggunganjawab (LKPJ) gubernur Tahun 2020.


Usai pembahasan secara marathon selama dua minggu,dengan semua kepala satuan perangkat daerah (SKPD) termasuk direksi PT Bank SulutGo.


Ketua Pansus LKPJ Tahun 2020 Rocky Wowor mengatakan, Pansus akan turun lapangan untuk mengecek sekaligus mengsingkronkan hasil penyampain kepala SKPD kepada Pansus, sudah sesuai  hasil capaian program dan hasil kinerja yang dikerjakan atau tidak. 


"Kami Pansus akan melakukan pengecekan dilapangan untuk mengsingkronkan  hasil laporannya sudah cocok dengan kondisi saat laporan kepala SKPD menyampaikan secara lisan disertai  dokumen di hadapan anggota Pansus atau tidak. 

Yaitu pelaporan capaian program dan hasil kinerja sepanjang Tahun 2020,"tegas Ketua Fraksi PDIP Sulut kepada JurnalManado usai pembahasan Senin (26/4/2021) di ruang rapat paripurna.
Laporan kepala SKPD yang disampaikan kepada Pansus bisa dilihat secara langsung dilapangan nanti" kunci Ketua Pansus LKPJ dua periode itu. (ADV/tino)