Iklan

June 10, 2021, 02:10 WIB
Last Updated 2021-06-10T09:10:55Z
Politik

FAS: Fungsi Pengawasan-Legislasi Harus Berjalan Bersama. Jika Tidak, Sama Juga Nol Besar


JurnalManado - Ketua Dewan perwakilan rakyat daeeah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dokter Fransiscus Andi Silangen (FAS) mengatakan, salah satu indikator di lembaga parlement atau lembaga politik DPRD adalah  sebagaimana fungsinya berjalan bersama, legislasi dan pengawasan tetap berjalan.


Diakui politisi PDIP Sulut, fungsi pengawasan melalui kegiatan rapat dengar pendapat (RDP) dengan mitra sampai turun lapangan itu sudah optimal.


Taoi ingat, fungsi pengawasan harus berjalan bersama- sama seperti pembuatan peraturan daerah (Perda) inisiatif harus ada.


Salah satu indikator sebagai lembaga Dewan, adalah pembuatan perda inisiatif harus ada, dan tetap jalan, jika tidak ada perda yang lembaga Dewan buat,sama juga nol besar.


"Saya selaku pimpinan dewan Sulut mengharapkan fungsi legislasi dan pengawasan harus sama.sama jalan.


Perda inisiatif harus ada, karena salah satu indikator harus ada perda inisiatif kalau tidak sama juga nol besar," tegas Silangen kepada JurnalManado.com Rabu kemarin. 


Setelah perda ini ditetapkan akan segera di sosialisasi kepada masyarakat. Karena, baru Tahun ini disiapkan anggaran untuk sosialisasi perda.  (tino)