Iklan

July 6, 2021, 03:13 WIB
Last Updated 2021-07-06T10:13:09Z
Politik

Minimnya Tingkat Partisipasi Vaksinasi. Hendry Walukouw: Pemkab Minut Lebih Gencar Sosialisasi


JurnalManado - Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hendry Walukouw. mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi terkait vaksinasi kepada masyarakat,yang tindak partisipasi dianggap rendah.


Dampak rendahnya tingkat partisipasi masyarakat untuk melakukan Vaksinasi sebagai upaya peningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan Virus Covid 19 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), 


Menurut politisi Partai Demokrat ini Pemerintah harus giat melakukan sosialisasi yang memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat terkait manfaat vaksinasi sebagai upaya melawan virus  Covid 19.


"Pemerintah harus giat melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat agar dipahami terkait manfaat vaksin, karena untuk melakukan vaksin adalah tanggungjawab dari pemerintah," ungkap Walukow.


Legislator Sulut daerah pemilihan (dapil) Minut - Bitung ini mengatakan, rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi diri karena banyaknya informasi yang dianggap membuat masyarakat enggan untuk melakukan vaksin, dan untuk memenuhi target vaksinasi kepada seluruh masyarakat itu diperlukan sebuah cara khusus dengan mendatangi langsung masyarakat.


" Pemberian vaksin adalah tanggungjawab Pemerintah bukan kewajiban masyarakat sehingga kondisi mengarah ke kondisi mencekam yang dialami masyarakat yang menyebabkan ketakutan akan hilang ketika upaya vaksinasi dilakukan dengan pendekatan hiumanis,"sembur Walukouw.


Sebagaimana data yang ada Kabupaten Minahasa Utara memiliki prosentase terendah dengan nilai 1,8 persen dibandingkan dengan 14 Kabupaten Kota lain di Sulut yang juga sementara gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat. (tino)