Iklan

September 8, 2021, 06:38 WIB
Last Updated 2021-09-08T22:35:24Z
Mitra

Cegah Penularan Covid-19, Moreah 1 Bagikan Masker dan Handsanitizer


Jurnal,Mitra -Langkah pencegahan penularan Covid 19 terus di lakukan Pemerintah Desa Moreah Satu, Kecamatan Ratatotok, Minahasa Tenggara.


Mulai dari sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) covid yang ketat, baik secara langsung ke rumah-rumah warga dan di pos penyekatan Covid 19 desa, maupun lewat himbauan pengeras suara, intens dilakukan.


Bukan hanya itu. Sebagai bukti nyata langkah preventif atau pencegahan ini, pemerintah desa juga merangsang penerapan prokes ini dengan memberkan masker dan handsanitiser.


Hukum Tua Desa Moreah Satu Reigen Yusuf Pantow, pemberian masker dan handsanitiser ini, sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam rangka menjaga secara terus menerus penerapan prokes Covid 19 guna memutus penyebarannya.


"Saya berharap pemberian masker dan handsanitiser ini menumbuhkan kesadaran warga tentang betapa pentingnya memakai masker, dan menggunakan hansanitizer sebagai ganti mencuci tangan apalagi saat diperjalanan," ujar Pantow Rabu,8/9/21


Lebih lanjut Kumtua yang akrap disapa RP ini, menambahkan, upaya memutus Covid 19, kuncinya ada pada kesadaran warga.


"Ajakan, sosialisasi dan pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD), khususnya masker dan handsanitiser ini, sebagai pendorong agar masyarakat semakin membiasakan penerapan prokes, sebab ini sudah menjadi budaya atau kebiasaan.  Namun jika kesadaran warga tidak ada maka ini menjadi sia-sia," tegas RP.


Untuk itu, pria yang memiliki basic sebagai seoarang jurnalis ini, mengharapkan warga untuk secara bersama-sama, bahu membahu mensukseskan program strategis pemerintah.


"Memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan handsanitiser, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta mengikutsertakan diri kita untuk di vaksin, adalah sebuah kunci menaklukan ancaman pandemi Covid 19. Untuk itu mari kita pastikan, diri kita menjadi terdepan melakukan hal-hal ini," pintah Pantow disela-sela membagikan masker dan handsanitiser ke warga secara langsung.


Diakhir ungkapan RP, dia menyampaikan terima kasih banyak atas segala arahan dan support Bupati Mitra James Sumendap SH MH, yang selalu menjadikan Mitra semakin terbebas dari penyebaran Covid 19.


"Kami selalu di warning oleh pak bupati bagaimana bekerja total untuk kepentingan masyarakat di era pandemi ini. Mulai dari penggunaan anggaran covid, dimana ada anggaran 8 persen dari Dana Desa yang digunakan untuk pengendalian dan penanganan covid, sampai pada langkah penyekatan yang ketat di desa menjadi modal bagi kami untuk menjalankan tugas dengan baik. Untuk itu terima kasih atas saran-saran Pak JS," seruh RP.


Diketahui dalam pemberian bantuan pada Selasa (7/9), ada kurang lebih 250 kepala keluarga mendapatkan masing-masing 1 dos masker isi 50 buah, serta satu botol handsanitiser. (man)