Iklan

September 17, 2021, 12:20 WIB
Last Updated 2021-09-17T20:48:39Z
Manado

Berantas Covid, DLH Kota Manado dan Puskesmas Kombos gelar Vaksinasi di TKB


Jurnal Manado - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado bekerjasama dengan Puskesmas Kombos menggelar vaksinasi yang diselenggarakan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Jalan Dotulolong Lasut, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Jumat (17/09/2021). 


Kadis DLH Kota Manado, Franky Porawouw mengatakan, Kegiatan vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Manado lewat Program Vaksin Hebat, dalam upayah tercapainya percepatan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok). 


“Jadi hari ini kita melaksanakan kegiatan percepatan vaksinasi Kota Manado, tentu diharapkan seluruh masyarakat yang ada di lingkungan TKB dapat tervaksinasi lewat kegiatan ini,” harap Porawouw. 


Lebih lanjut dikatakan Porawouw, kegiatan ini merupakan vaksinasi lanjutan yang digelar DLH Kota Manado dan Puskesmas Kombos pada 24 Juni lalu. 


“Jadi hari ini merupakan kegiatan yang kedua dari Dinas Lingkungan Hidup dalam rangka percepatan vaksinasi di Kota Manado. Karena waktu lalu kita sudah melakukan vaksinasi pertama, hari ini kita laksanakan lanjutan vaksinasi yang kedua,” ungkap Porawouw. 


Porawouw juga membeberkan, rencananya akan dilaksanakan kembali program vaksinasi dengan menyasar para petugas kebersihan dan pemulung yang berada di seputaran lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sumompo. 


“Kami sudah bekerja sama dengan Puskesmas Kombos untuk melanjutkan program vaksinasi ini. Rencananya Senin (20/09) akan di laksanakan di TPA Sumompo, kita akan melakukan jemput bola kepada masyarakat terutama kurang lebih 200 orang pekerja sampah yang ada di TPA Sumompo,” beber Porawouw. 


Sementara itu Kepala Puskesmas Kombos, dr Mardi Rotinsulu mengungkapkan, jumlah total vaksin yang disediakan berjumlah 250 ampul. 


“untuk jumlah vaksin yang tersedia dalam vaksinasi ini berjumlah 250 ampul yang terbagi 100 untuk anak usia 12 – 17 tahun dan 150 untuk orang dewasa,” ungkap Rotinsulu. 


Rotinsulu juga merincikan jumlah vaksin yang terpakai sampai kegiatan vaksinasi Ini ditutup dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan ini. 


“Untuk Total keseluruhan yang tervaksin sampai kegiatan berakhir berjumlah 216 orang, dengan rincian; AztraSeneca tahap pertama 161 orang, tahap kedua 24 orang. Sedangkan untuk Bio Farma (Sinovac) tahap pertama berjumlah 18 orang untuk anak usia 12 – 17 tahun dan tahap kedua untuk umum berjumlah 13 orang,” tambah Rotinsulu. 


Sekedar informasi, kegiatan vaksinasi ini juga dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Andrei Angouw dan Richard Sualang (AA-RS). (man)