Iklan

September 19, 2021, 03:01 WIB
Last Updated 2021-09-19T10:01:39Z
MinutUtama

KPA Likupang, KLiR dan Camat Liktim Ikut World Cleanup Day


Jurnal Minut – Camat Likupang Timur Delby Wahiu, SE mendukung program World Cleanup Day (WCD) yang serentak diselenggarakan di dunia dan khusus di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pada Sabtu (18/09/2021). Camat Delby bukan sekedar memantau atau melihat-lihat, ketika tiba ia langsung ikut mengakut sampah dan membersihkan lokasi kawasan pelabuhan Likupang Timur bersama panitia, KPA Likupang, KomunitasLikupang Raya (KLiR) dan undangan yang hadir.


“Kegiatan bersih-bersih lingkungan harus didukung apalagi WCD ini merupakan aksi bersih-bersih sampah yang digagas masyarakat internasional secara swadaya. Aksi seperti ini semoga bisa mengajak lebih banyak masyarakat untuk sadar kebersihan lingkungan,” ungkap perempuan enerjik ini.


Camat Delby juga berharap masyarakat Likupang untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah untuk mengurangi beban di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) dan juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar. “TPA lokasinya jauh dari Likupang jadi untuk mempermudah masyarakat mengelola sampah agar tidak buang sembarang, sebaiknya ada pemilahan dari rumah supaya sampah yang bisa daur uang seperti botol plastik, gelas air mineral, kardus dan lainnya bisa dijual lagi ke Bank Sampah terdekat,” ujarnya.


Koordinator WCD Minahasa Utara Gerry Tintingon menjelaskan tujuan WCD ini lebih kepada edukasi. “Sebenarnya tujuan utama WCD adalah untuk edukasi yaitu sosialisasi kepada sebenyak mungkin orang lewat tindakan nyata bukan hanya lewat kata-kata,” kata anggota Mapala Pahyagaan Unsrat Manado ini.


Adapun kegiatan WCD sesuai target berhasil dilakukan di pelabuhan Likupang, terminal Likupang dan lapangan sepak bola Desa Likupang Kampung Ambong. Total ada 35 karung sampah yang berhasil dikumpulkan dan 3 karung diantaranya dibeli oleh Bank Sampah KPA Likupang yang sekretariatnya berada di Desa Sarawet. 


Tidak banyak masyarakat desa sekitar yang ikut kegiatan ini. Sebagian besar peserta yang hadir merupakan anggota KPA Likupang dan KLiR.


"Memang tidak butuh banyak untuk kegiatan bersih-bersih ini asalkan ada satu, dua atau tiga orang dengan niat baik, sudah sangat cukup untuk melaksanakan program komitmen bersih-bersih serentak ini, karena tujuan utama adalah edukasi dan kebersamaan untuk,” ujar Ketua Harian Komunitas Raya Jelly K. Maramis yang turut hadir dalam kegiatan ini hingga selesai. (*)