Iklan

September 16, 2021, 15:46 WIB
Last Updated 2021-09-16T22:46:36Z
Pemerintahan

Minta Suport Pemprov, PT. Jasa Marga Kunjungi Wagub


Jurnal Manado - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menerima kunjungan PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) yang merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Kamis (16/9/2021) di Ruang Kerjanya.


Pembahasan kali ini terkait pengelolaan sekaligus perkembangan Jalan Tol Manado-Bitung yang saat ini menjadi jalan tol pertama di Sulut.


“Saat ini Tol Manado-Bitung baru sampai di kelurahan Danowudu, jalan tol Manado-Bitung ini di targetkan akan selesai 100 persen pada akhir tahun ini,” katanya.


“Mari kita doakan agar proyek Jalan Tol ini bisa berjalan lancar sesuai target, dan masyarakat bisa menikmati fasilitas ini sehingga jarak yang di tempuh Manado-Bitung sudah tidak jauh lagi apalagi terhambat karena kemacetan,” tambahnya.


Kedatangan pihak PT JMB juga untuk meminta dukungan dari Pemprov Sulut dan Kab/Kota tentang operasional dari jalan Tol Manado Bitung agar supaya memberi keyakinan mereka untuk menuntaskan ruas ini yang masih ada sisa 13 KM dari gerbang tol Danowudu hingga gerbang tol Bitung. 


“PT JMB sadar harus ada koordinasi mulai dari pemerintah provinsi dan kab/kota terhadap investasi yang triliunan ini,” pungkasnya.


Total panjang jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).(*)