Iklan

December 10, 2021, 00:22 WIB
Last Updated 2021-12-10T08:22:47Z
Mitra

Sekda: Karena komitmen kepala daerah dalam pencegahan korupsi

Mitra 10 Besar Terbaik MCP se Indonesia, Nomor 1 Kabupaten/Kota di Sulut 



Jurnal,Mitra -Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengukir prestasi membanggakan di momentum peringatan Hari Anti Korupsi se Dunia, Kamis (09/12) kemarin. Prestasi itu dicatat dalam pencegahan korupsi, di mana Kabupaten Mitra masuk 10 besar tingkat nasional dalam program Koordinasi, Supervisi, dan Pencegahan (Korsupgah) Korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) khususnya Monitoring Centre Prevention (MCP). 


"Capaian MCP Kabupaten Mitra dalam rangka Korsupgah KPK adalah 85 persen. Angka ini masuk dalam 10 besar tingkat nasional. Tentu ini prestasi membanggakan dalam rangka hari anti korupsi sedunia hari ini," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra, David Lalandos AP MM, dalam wawncara dengan wartawan Kamis (09/12). 


Sekda menekankan, hasil ini sangat dipengaruhi oleh komitmen kepala daerah. "Keberhasilan upaya pencegahan korupsi sangat dipengaruhi oleh komitmen kepala daerah. Kalau kepala daerah komit dalam pencegahan korupsi, maka pasti program pencegahan itu akan jalan. Demikian sebaliknya," tukasnya. 


"Di Kabupaten Mitra sangat jelas terlihat komitnen pak Bupati dalam upaya pencegahan korupsi yang antara lain terlihat dari capaian MCP yang bisa menyentuh angka 85 persen sampai saat ini," tuturnya. 


Tak hanya masuk 10 besar nasional, kata Sekda, capaian MCP Kabupaten Mitra menjadi yang tertinggi dari semua Kabupaten/Kota se Sulut. "Kalau dihitung dengan capaian Pemprov, kita ada di nomor dua. Tetapi untuk Kabupaten/Kota, Minahasa Tenggara masih yang teratas," sebutnya. 


Sekda menambahkan harapannya agar capaian ini akan terus ditingkatkan sampai penilaian akhir pada akhir Desember. "Kami berharap semua organisasi perangkat daerah mengikuti komitmen pak Bupati. Target kita, akhir Desember MCP sudah di atas 95 persen," pungkasnya.(hak)