Iklan

December 9, 2021, 05:27 WIB
Last Updated 2021-12-10T03:32:43Z
LipsusUtama

Sukses Gelar Bimtek dan Sekolah Lapang Cuaca. Ini Rangkaian Kegiatan BPTD Wilayah XXII Sulut

Direktur TSDP Junaidi : Semoga Menjadi Bekal Bagi Semua

Direktur TSDP Saat Menyerahkan Cindera Mata Kepada Bupati Minahasa Roy Roring  

Jurnal Manado - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut, sukses menggelar kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Perairan Danau Tondano dan Bimbingan Teknis Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Bagi Penyelenggara Pelabuhan Penyeberangan, Operator dan Craw Kapal Penyeberangan Perintis di Sulut.

Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Ir.Junaidi MM, saat diwawancarai usai menutup seluruh rangkaian kegiatan mengatakan, apresiasi yang tinggi kepada BPTD Sulut dan kepada seluruh peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sekolah dan bimtek. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dimana akan menjadi bekal bagi para kru, nakhoda, pemilik kapal, operator dan ASDP sendiri,"terang Junaidi. Sembari mengatakan bahwa pihaknya sangat konsen meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya sungai - sungai di danau tondano.

Kepala BMKG Menyerahkan Cinderamata Kepada Direktur TSDP


Dengan adanya pengarahan juga dari BMKG maka para awak perahu lebih memahami sehingga dapat menyebarluaskan informasi dari BMKG. 

"Bagi operator pelabuhan penyeberangan, bagi kru kapal dimana sebentar lagi kita menghadapi angkutan natal dan tahun baru dimana musim gelombang yang cukup tinggi pada desember dan januari tentu kita semua pelaku pelayaran harua konsen dan lebih waspada dalam meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran,"pesannya.


Junaidi juga mengatakan bimtek yang sudah dilaksanakan selama dua hari yang telah diikuti seluruh operator khususnya operator kapal perintis, penyeberangan di sulut guna menjamin keselamatan pelayaran. 


ROR : Kami Berharap Topangan Balai Untuk Danau Tondano

Ditempat yang sama Bupati Minahasa Roy Roring memberikan apresiasi kepada Balai Perhubungan Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut yang telah memilih Kabupaten Minahasa kota Tondano sebagai tempat kegiatan bimtek dan sekolah lapang cuaca.


"Terimakasih pak kabalai Renhard telah memilih tondano tempat pelaksanaannya,"terang ROR sapaan akrab Bupati. Sembari juga memberikan apresiasi kepada Direktur TSDP yang hadir di tondano.


Rencana pengembangan angkutan sungai danau di danau tondano kami apresiasi, 

konsepnya jelas karena sulut menjadi lokasi pariwisata super prioritas dengan KEK Likupang tentu dibutuhkan sarana dan prasana untuk menunjang KEK Pariwisata.

Danau tondano menjadi salah satu lokasi obyek wisata.

"Kami berharap topangan dari Kemenhub dalam hal ini TSDP, sehingga apa yang menjadi harapan kami terwujud,"pinta ROR.

Danau Tondano Jadi Skala Prioritas 

 Penyerahan Ring Boy bantuan kepada kru kapal penyeberangan perintis Oleh Kabalai BPTD Wilayah XXII Sulut

Kepala Balai Pengelola Transport Darat (BPTD) Wilayah XXII Sulut Reinhard Ronald S, SiT, MT mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Perhubungan Darat yang diwakili Direktur TSDP.

untuk mengadakan serangkaian acara kemudian bimtek 

"Hari ini kami berbahagia bersama kita telah hadir direktur yang telah melaksanakan puncak acara, kami juga berterimakasih kepada bupati yang telah hadir termasuk BMKG, Jasaraharja yang telah memberikan jaket 100 unit dan ring boy 40 unit yang telah dibagika.

Basarnas yang memberikan pengetahuan terkait penyelamatan jiwa terhadap kecelakaan kapal, jasaraharja memberikan pencerahan terkait santunan, BKI yang telah memberikan penjelasan terkait kelayakan kapal, kami berterimakasih kepada pak gubernur," ucap Reinhard.


Kata orang nomor satu di Balai ini menjelaskan, dipilihnya tondano sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan karena merupakan skala prioritas yang perlu diselamatkan termasuk pengembangan transportasi danau.

"Dengan kehadiran direktur maka transportasi danau akan dikembangkan,"tutupnya.

Diketahui, disela - sela acara penutupan, Dilaksanakan penyerahan Sertifikat Bimbingan Teknis Keselamatan dan Keamanan Pelayaran bagi penyelenggara pelabuhan penyeberangan operator dan kru kapal penyeberangan perintis di sulut. 

Penyerahan sertifikat kepada Sekolah Lapang Cuaca Perairan bagi pemilik perahu di danau tondano, surat keterangan ukur sungai, danau dan life jacket kepada pemilik perahu di danau tondano serta bantuan life jaket dari Dirjen Hub Darat, dan PT. jasaraharja. Ring Boy bantuan kepada kru kapal penyeberangan perintis.(man)