Iklan

January 6, 2022, 03:47 WIB
Last Updated 2022-01-06T11:48:31Z
PemerintahanUtama

Diskotik Sulut Genjot Salah Satu Program Utama ODSK Digitalisasi Masuk Desa


Jurnal Manado - Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan merupakan salah satu program utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi utara (Sulut) dalam upaya transformasi digitalisasi pada jajaran Pemprov yang konektivitasnya terintegrasi mulai dari Desa dan Kelurahan. 

Demikian dikatakan Kadis Kominfo Sulut Steven Liow, Kamis (06/01/2022), usai turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan program pembangunan Digitalisasi Informasi pedesaan di Desa Sarani Matani Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa.
"Inilah yang mendorong Dinas Komunikasi informasi dan Statistik Prov Sulut bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Sulut bekerjasama Pemkot dan Pemkab dan instansi terkait untuk mewujudkan integrasi data," ujar Liow.

Lanjut dikatakan Liow, rencananya akhir bulan ini akan dicanangkan di Kabupaten Minahasa Utara program Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintah dan Program Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan.

Pembangunan ini untuk mempecepat pemberdayaan masyarakat lewat Badan Usaha Milik Desa, dimana Bumdes akan bekerjasama dengan beberapa Provider dan Komite Percepatan Pembangunan Desa untuk mengelola jasa internert dan usaha lainnya termasuk peternakan, Pertanian, Perikanan dan perkebunan serta koperasi untuk dapat diberdayakan. 

"Hal utama yang akan dibangun adalah pelayanan umum kepada masyarakat termasuk didalamnya masyarakat mendapat jasa TV digital, Internet di setiap rumah dan bahkan pintu masuk keluar desa memiliki jaringan CCTV. Bahkan ada spot tertentu di desa ada Wifi gratis. Pelayanan dikantor desa dan monitoring pembangunan serta kegiatan sosial kemasyarakatan dapat didukung dengan teknologi informasi. Dan bumdes mengelola jasa internet dirumah warga  yang menjadi langganan Jasa internet bekerja sama dengan Provider," pungkasnya.(rilis)