Iklan

February 9, 2022, 14:18 WIB
Last Updated 2022-02-09T22:18:58Z
AdvetorialUtama

Kunjungi Sulut, Puan Maharani Minta Jurnalis Sulut Tangkal Hoax



Jurnal Manado - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Puncak Acara Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mengikuti secara Zoom di Ruang Rapat Gubernur Sulut


Hal ini sangatlah menarik dimana Presiden RI Joko Widodo membuka acara HPN dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 9 Februari 2022. Dalam sambutannya, Presiden mengapresiasi peran pers yang terus bekerja menumbuhkan optimisme dan harapan bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19. Sedangkan puncak acaranya gelar di Kendari Sulawesi Tenggara



Di hari Pers ini,  ada luapan Bahagia ketika Gubernur meluangkan waktu sejenak dan mengajak Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan keterangan persnya. Dihadapan Para Insan Pers di lobby Gubernur menyapa dengan penuh keakraban.

Selayaknyalah antara pemerintah dan Pers ada sinergitas dalam pemberitaan yang akurat, menyebarkan kebaikan, pesan kebenaran, bukan menyebarkan  kebencian atau hoax sehingga hubungan baik harus terus terjaga demi masyarakat seutuhnya.

Menurut Puan, momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, dirinya mengapresiasi kinerja jurnalistik dalam melawan berita bohong.


“Selamat Hari Pers Nasional 2022,” ungkapnya didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey.


Dijelaskan Puan, informasi tidak terkendali telah menyebar ke ruang-ruang publik lewat berbagai platform digital. Fenomena tersebut menyebabkan masyarakat banyak terpapar hoaks.



“Misalnya hoaks tentang vaksin. Pers mempunyai tugas penting meluruskan mis-informasi dan berbagai hoaks tersebut,” katanya.


Puan menuturkan, tantangan jurnalis saat ini adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Dia menilai, jurnalisme harus hadir sebagai lembaga “clearing house” untuk memverifikasi isu-isu yang beredar di masyarakat.


“Saya apresiasi media telah melakukan verifikasi melalui ‘fact-cheking’ untuk meluruskan berita-berita bohong, terutama dalam penanganan COVID-19 dan vaksinasi,” katanya.


Puan berharap, pers tidak melupakan kewajiban untuk mengedukasi masyarakat terutama karena pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi. Karena itu menurut dia, fungsi pers untuk mendidik masyarakat dengan meluruskan isu-isu hoaks juga berjalan dalam bidang lainnya, untuk mencegah “infodemi” lainnya.


Diketahui, puncak HPN 2022 yang membahas isu strategis soal lingkungan ini dilaksanakan di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.



Sebelumnya, Ketua DPR RI itu melakukan pemantauan vaksinasi massal yang diselenggarakan di Ruang Mapalus Kantor Gubermur Sulut, kemudian melanjutkan agenda melayat ke rumah duka, meninggalnya Ibunda terkasih Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan patung Bung Karno di Bitung.(adv/diskotik)