Iklan

March 3, 2022, 19:48 WIB
Last Updated 2022-03-04T03:48:45Z
Pemerintahan

Wakili Gubernur, Kawatu Buka Rakor Program Integrasi Data


Jurnal Manado - Dinas Kominfo Prov. Sulut melaksanakan Rakor Program Integrasi Data pada Jajaran Pemprov Sulut  yang dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (3/03/2022).


Sekretaris Daerah Prov. Sulut A. Gemmy Kawatu dalam sambutan menyampaikan bahwa rakor ini merupakan kegiatan dalam rangka evaluasi dan integrasi data dinas kominfo dan seluruh perangkat daerah. Ini juga merupakan penjabaran keputusan pemerintah pusat dari apa yang di istilahkan Sistim Informasi Berbasis Elektronik.

"Kami sudah evaluasi bahwa apa yang PT. Lintas Artha laksanakan terkait terintegrasi internet sudah 99 persen," terang Sekprov. Sembari mengatakan sebenarnya sudah efektif di 2021 tapi diharapkan tahun 2022 sudah bisa dijalankan.


Sekprov juga mengatakan pentingnya program ini karena ketika terintegrasi maka apapun yang akan dilihat terkait pemprov sudah lebih mudah diakses lewat aplikasi.

 "Jika ada komplain juga dari masyarakat maka ada pemyelenggara informasi publik dimasing - masing perangkat daerah yang boleh merespon," jelas Sekprov.

Sebelumnya Kadis Kominfo Sulut Steven Liow dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan integrasi jaringan masih banyak kelemahan dan sampai hari ini PT. Lintas Artha masih terus konsolidasi kebutuhan layanan di setiap SKPD.


"Kita akan evaluasi dan melihat sejauh mana pelaksanaan pekerjaannya," kata Liow.


Ia juga menyampaikan usulan agar setiap SKPD memiliki command centre yang nantinya akan di launching bersama pada tanggal 17 Maret 2022.


"Selain command centre kita juga akan buat cafe digital di Lt. II depan ruangan command centre pemprov sulut,"pungkasnya.


(man)