Iklan

April 17, 2022, 21:46 WIB
Last Updated 2022-04-18T04:46:50Z
ManadoUtama

Wakili Gubernur Karo Freiddy Bersama BAZNAS Sulut Berbagi Zakat Untuk Kaum Duafa


Jurnal Manado - Badan, Amil Zakat (Baznas) Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan pembagian zakat kepada kaum dhuafa Sulut di bulan suci ramadhan dengan mengangkat tema "Ramadhan Berkah Berbagi Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI".

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Raya Ahmad Yani dihadiri Pimpinan PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado, Bapak Edy Purwanto, beserta jajaran, Ketua MUI Sulut Kyai Haji Wahab Abdulgafur, Pengurus BTM Masjid Raya, Kanwil Agama Sulut.


Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Biro Kesra Sulut Freiddy Kaligis menyampaikan bahwa saat ini kita dipersatukan dalam suasana kebersamaan, lewat kegiatan Penyerahan 1000 Paket Ramadhan, yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Utara dan PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah V Manado, dalam rangka Pendistribusian Zakat bagi Mustahik di Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah. 

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada BAZNAS Provinsi Sulawesi Utara dan PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado, atas sinergitas, perhatian dan konsistensinya menjalankan niat baik, memberikan Paket Ramadhan kepada Mustahik. Ini tentunya sangat berarti, dan menjadi berkah baik kepada yang memberi maupun yang menerima, "ujarnya. Sembari mengatakan mengapresiasi BAZNAS Provinsi Sulawesi Utara yang selalu konsisten menyelenggarakan kegiatan seperti ini.  

Terkait penanganan pendemi COVID-19 yang masih diupayakan, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan dukungan segenap komponen pembangunan dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk kita semua yang hadir saat ini, untuk tetap disiplin menerapkan prokes yang ketat, utamanya memakai masker kemanapun beraktivitas, serta mendukung pelaksanaan vaksinasi, hingga tahap booster. 

Sebelumnya, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Utara, Bapak H. Abid Takalamingan, S.Sos, MH, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bagi paket ramadhan dilaksanakan rutin setiap tahun. 

"Setiap bulan suci ramadhan kami mengeluarkan zakat untuk kaum dhuafa, " kata Takalaminang. 

PT. Pegadaian menyumbang 1000 paket dengan total nilai Rp. 164.000.000,- disumbang ke baznas.

"Total sumbangan yang akan dibagikan oleh baznas 6000 paket, dimana 2.000 paket untuk kota manado dan 4.000 paket untuk kaum dhuafa yang tersebar di kabupaten kota di Sulut, " jelasnya. Sembari mengatakan bahwa dengan tema yang diusung adalah aman secara syariah, 

Aman regulasi yaitu merujuk pada UU Tahun 2011 serta aman NKRI karena baznas melaksanakan seluruh Indonesia dan memiliki dasar hukum yang jelas. 

Pimpinan Cabang Edy Purwanto mengatakan, kerjasama dengan baznas sudah berlangsung cukup lama dan berlangsung rutin setiap ramadhan. 


"Baznas merupakan salah satu lembaga yang di tunjuk pemerintah dan kami juga bagian dari pemerintah dan bantuan ini lewat CSR yang merupakan dana masyarakat dan dikembalikan ke masyarakat, " tuturnya. (man)