Iklan

May 27, 2022, 03:50 WIB
Last Updated 2022-05-27T10:51:47Z
KesehatanUtama

ODSK Bangun Pusat Kesehatan Ibu dan Anak. Wagub : Kita Bakal Sediakan Pelayanan Bayi Tabung


Jurnal Manado - Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak, salah satu layanan dari RSUD ODSK, di Jl Bethesda, Manado, Jumat 27 Mei 2022.


Dalam sambutannya wagub mengatakan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) bakal hadir di Kota Manado. Istimewanya, Pusat KIA ini, nantinya menyediakan layanan fertilisasi invitro atau bayi tabung yang merupakan program kehamilan berupa reproduksi buatan.


Pembangunan pusat KIA yang berada satu kawasan dengan RSUD ODSK diawali dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven OE Kandouw pada Jumat (27/5/2022).


Kandouw menyampaikan Pusat KIA merupakan jawaban atas penyediaan dasar kesehatan. Di mana Sulut diharapkan menjadi tempat pencarian pelayanan kesehatan di Indonesia Timur.


Untuk menyiapkannya, Kandouw mengingatkan agar pembangunan fisik harus paralel dengan regulasi. “Tidak gampang menyiapkan regulasi, ada parameter yang harus disiapkan. Gedung boleh megah tetapi regulasi yang empiris harus siapkan,” katanya.


Pembangunan Pusat KIA yang didanai pinjaman PEN yang dikerjakan selama 245 kalender kerja, kata Kandouw harus menghasilkan profit.


“Harus berpikir entrepreneur yang ada profit, jangan seperti yang lalu hasilnya minus dengan alasan untuk jasa medik,” tegas Kandouw sembari mengingatkan Direktur RSUD ODSK, dr Enrico akan besaran target yang dipatok Rp250 miliar. “Saat ini sudah mencapai Rp100 miliar, setidaknya sudah ada progress,” ucapnya.

Selain itu kata wagub, dibangunnya fasilitas kesehatan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak di Sulut. Pembangunan fasilitas kesehatan ini akan memakan waktu 245 hari kalender terhitung dari 27 April sampai 27 Desember 2022. 


Di Sulut, ungkap Wagub, banyak swasta yang membangun rumah sakit di Manado. “Selama dua tahun ini, pembangunan RS yang baru di Sulut begitu luar biasa. Tidak mungkin swasta membangun kalau tidak ada income. Jadi kalau swasta bisa, kita (pemerintah) juga harus bisa,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga wagub mengingatkan kepada Kepala Perkim Sulut Steve Kepel agar pembangunan diupayakan tepat waktu dan sesuai perencanaan. 


Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debbie Kalalo MScPH dalam sambutan mengatakan, pembangunan dilaksanakan oleh Dinas Perkim Daerah Provinsi Sulut. “Pusat layanan ibu dan anak ini tidak lepas dari layanan RSUD ODSK,” ungkapnya.(man)