Iklan

May 27, 2022, 03:54 WIB
Last Updated 2022-05-27T10:54:36Z
Mitra

Pencegahan dan Penanganan Stunting, Pemdes Molompar Dua Selatan Salurkan Makanan Tambahan


Jurnal,Mitra -  Upaya Pemerintah untuk pencegahan dan penanganan Stunting terus dilakukan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti pemberian makanan Tambahan bagi Balita serta anak yang bergejala Stunting. 


Pemerintah Desa (Pemdes) Molompar Dua Selatan Kecamatan Tombatu Timur menyalurkan makanan Tambahan bagi Anak Balita serta anak yang bergejala Stunting. Hukum Tua Djhoni Kolanus mengatakan bahwa Pemdes telah menganggarkan dana sebesar Rp. 51.000.000 pertahun untuk 12 Bulan setiap bulan 4.250.000 Dibelanjakan Susu dan Regal."Penanganan dan Pencegahan Stunting bagi Balita serta gejala Stunting sudah di salurkan, dan ini adalah upaya pemdes dalam menindaklanjuti program pemerintah pusat,"katanya Jumat 27/5/22.


Menurutnya Stunting adalah masalah tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tinggi badan anak yang rendah, sementara berat badannya mungkin normal sesuai dengan usianya. Anak dikatakan stunting bila tinggi badannya tidak bertambah signifikan sesuai dengan usianya atau bila dibandingkan dengan tinggi badan yang anak itu dapatkan saat baru lahir."Gangguan tumbuh kembang anak tersebut biasanya diakibatkan oleh gizi buruk (malnutrisi), infeksi berulang, dan stimulasi atau perawatan psikososial yang tidak memadai pada anak dari 1000 hari pertama sejak pembuahan sampai usia dua tahun. Masalah stunting atau anak yang kerdil tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan anak, termasuk gangguan sistem kekebalan tubuh, gagal tumbuh, masalah fungsi otak dan perkembangan organ, rentan infeksi, gangguan fisik dan mental, serta mengancam produktivitas dan fungsi hidup di masa depan,"terang Kolanus.


Untuk itu program pemerintah melalui dana desa mengangarkan makanan tambahan."Selain disalurkan secara gratis oleh pemerintah, susu yang utama untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak.Jadi, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan nutrisi lengkap dan perawatan terbaik bagi anak untuk mencegah malnutrisi berupa masalah stunting atau gangguan tumbuh kembang lainnya. Dukung tumbuh kembang anak dengan nutrisi lengkap dan susu terbaik,"pintah Kolanus (hak)