Iklan

May 25, 2022, 01:54 WIB
Last Updated 2022-05-25T08:54:40Z
HukrimPendidikanUtama

Pungli di Unsrat Manado, Rektor : Harus Didukung Bukti


Jurnal Manado - Aksi Wisudawan Menyampaikan Aspirasi Terkait Maraknya Pungli Harus di Dukung dengan Bukti yang bisa di Pertanggung Jawabkan.


Ada Peristiwa Menarik Saat Pelaksanaan Pelantikan Wisudawan Universitas Sam Ratulangi Rabu 25 mei 2022. salah satu Wisudawan dari Fakultas Pertanian Program Study Agribisnis inisial MT Menyampaikan Aspirasinya di Selembar Kertas. diduga dirinya melakukan aksi tersebut sebagai respon kekecewaan terhadap sejumlah Dosen di lingkungan Fakultas Pertanian yang disinyalir melakukan aksi pungli terhadap nya. Dekan Pertanian saat dikonfirmasi belum merespon panggilan telefon seluler wartawan  jurnalmanado.com terkait hal tersebut. sementata Rektor Unsrat Prof DR Ellen Kumaat M.Sc DEA melalui Kabag Humas Daniel Pangemanan SH MH, menyesalkan aksi MT wisudawan fakultas pertanian yang menyampaikan Aspirasi tidak pada tempatnya.


pelantikan wisudawan merupakan agenda akademik dan Sakral. meskipun menghargai Aspirasi MT tapi sebaiknya disampaikan melalui jalur yang tepat dan harus memiliki bukti agar dapat dipertanggungjawabkan jawabkan. 

Pangemanan menegaskan, Rektor Unsrat Prof DR Ellen Kumaat M.Sc DEA selalu dalam berbagai kesempatan terus mengingatkan kepada seluruh Fakultas dan unit Kerja terkait pemberantasan pungli, bahkan telah dikeluarkan surat edaran tentang pemberantasa pungli dilingkungan Unsrat.

sejumlah Dosen dan para Alumni Unsrat merasa terganggu dengan aksi wisudawan tersebut dan mendesak Fakuktas Pertanian memberikan Klarifikasi soal hal ini dan jika perlu dilaporkan ke pihak berwajib karena berpotensi merusak nama baik institusi khusus nya Unsrat. tapi jika benar aspirasi wisudawan ini dan didukung dengan bukti yang dapat dipertanggung jawabkan, Fakultas Pertanian harus segera melakukan evaluasi supaya praktek pungli tidak terjadi lagi.(wik)