Iklan

June 22, 2022, 07:13 WIB
Last Updated 2022-06-22T14:13:00Z
Mitra

Gelar Penyuluh KBPP, Kadis Hersy Tuuk : Tingkatkan KKBPK Untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang KB Pasca Persalinan (KBPP) Selasa 21/6/22 di BPU Desa Wioy Dua Kecamatan Ratahan.


Kepala Dinas (P2KB) Kabupaten Mitra Hersy Tuuk mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan penyuluhan  tentang KB Pasca Persalinan (KBPP)."Kegiatan penyuluhan ini sangat penting, karena penyuluh KB harus mempunyai kompetensi dan product knowledge baru, sehingga mempunyai kepercayaan diri menjadi seorang marketing yang baik. Sebab KB pasca-persalinan merupakan upaya pencegahan kehamilan dengan menggunakan metode atau alat atau obat kontrasepsi,"katanya.


Dituturkan juga bahwa kegiatan penyuluhan bagi Pasangan Usia Subur (PUS atau Kader) Dalam rangka meningkatkan keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam menurunkan angka kematian ibu melalui pelayanan KB pasca persalinan."Program KB menentukan kualitas keluarga, karena program ini dapat menyelamatkan kehidupan perempuan serta meningkatkan status kesehatan ibu terutama dalam mencegah kehamilan tak diinginkan, menjarangkan jarak kelahiran mengurangi risiko kematian bayi,"tutur Tuutk.


Peserta Penyuluhan yang diikuti oleh 56 orang terdiri dari Perwakilan 10 Desa Masing-Masing 5 peserta, PKB/PLKB 1 Peserta juga dari BKKBN Provinsi Sulut 2 Peserta dan Dinas P2KB Kabupaten Mitra 3 Peserta, yang mendapatkan materi dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Tino Tandayu.(hak)