Iklan

June 22, 2022, 07:11 WIB
Last Updated 2022-06-22T14:11:49Z
Mitra

Pemkab Mitra Tegaskan Pengecer Harus Jual Pupuk dan Minyak Goreng Sesuai HET, Rolos : Jika Tidak Maka Akan Ditindak Tegas


Jurnal, Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui keasistenan II bidang pembangunan dan ekonomi melakukan rapat koordinasi bersama dengan Instansi terkait serta Pengecer Pupuk dan Minyak Goreng bersubsidi bersama Pihak kepolisian Rabu 22/6/22 di kantor Bupati.



Assisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra Jani Rolos mengatakan bahwa kegiatan rakor bersama merupakan upaya Pemerintah melakukan pengawasan dalam penyaluran Pupuk dan Minyak Goreng yang bersubsidi."ini untuk mempercepat penyaluran supaya segera sampai ke masyarakat. Agar tidak terjadi kelangkaan pupuk dan minyak goreng di wilayah kabupaten Mitra,"katanya.

Rakor juga Dalam rangka meminimalisir terjadinya Kelangkaan serta kenaikan harga yang tidak sesuai dengan Harga Eceran Tetap (HET)."Kelangkaan minyak goreng juga disebabkan adanya indikasi aksi borong dan penyimpanan stok dalam jumlah di atas rata-rata kebutuhan, kemudian dijual kembali dengan harga di atas ketentuan,"ungkap Rolos.


Dirinya menegaskan bahwa hal itu menyebabkan terhambatnya proses distribusi sehingga terjadi kelangkaan dan kenaikan harga pupuk dan minyak goreng.,"Saya juga satgas, maka akan terus memantau kondisi di lapangan bersama instansi terkait, Jangan Timbun dan menjual Tidak Sesuai HET, Pengecer Harus Jual Pupuk dan Minyak Goreng Sesuai HET, Jika Tidak  Maka Akan Ditindak Tegas sesuai aturan yang sudah jelas,"tegas Rolos.


Untuk itu dalam mengatasinya sebagai Satgas Pangan akan terus melakukan monitoring di lapangan untuk mengetahui hambatan-hambatan kebijakan pemerintah dalam upaya menjaga stabilitas pangan, baik harga,  ketersediaan maupun distribusi."pengecekan di lapangan akan terus dilakukan dan jika terjadi penyimpangan maka akan diberikan sanksi bahkan pidana. Saya berharap regulasi yang dibuat terimplementasikan dengan baik sehingga stabilisasi Pupuk dan minyak goreng dapat berjalan dengan baik,"ungkap Rolos.


Melalui sinergitas dengan pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya dalam rakor bersama ini. maka dirinya memintakan dapat mentatati semua regulasi aturan yang sudah ada."diskusi hari ini bisa bermanfaat sehingga tidak menimbulkan masalah. Saya atas nama Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Joke Legi berterimakasih kepada semua pihak karena di wilayah kabupaten mitra masih cukup aman dan terpenuhi,"pintah Rolos.(hak)