Iklan

June 13, 2022, 02:54 WIB
Last Updated 2022-06-13T09:54:10Z
Mitra

Polres Mitra Gelar Apel Pasukan Dalam Rangka Operasi Patuh Samrat


Jurnal,Mitra  - Akan dimulainya Operasi Patuh Samrat, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) termasuk didalamnya jajaran Polres Minahasa Tenggara langsung menindaklanjuti dengan melakukan gelar apel pasukan gabungan diikuti unsur TNI dan Pemkab Mitra dalam hal ini Satpol-PP, bertempat di halaman Kantor DPRD Mitra, Senin (13/6/22).


Sambutan Kapolda Sulut, Irjen Pol Mulyatno dibacakan Kapolres Mitra, AKBP Rudi Hartono mengatakan apel gelar pasukan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel serta sarana pendukung sehingga operasi bisa berjalan optimal dan berhasil.


"Diketahui, tingkat kecelakaan secara keseluruhan di Sulut dalam bulan terakhir tahun 2022 turun 14 persen jika dibanding dengan bulan sebelumnya. Disisi lain juga untuk angka penyebaran covid di Sulut semakin terkendali," kata Kapolres sembari mengingatkan bagi jajarannya lebih optimal dalam tugas dan disiplin protokol kesehatan.


Lanjut Kapolres masih dalam sambutan Kapolda, Operasi Patuh Samrat ini akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan, dimulai tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022.



"Sasaran kami segala bentuk gangguan penyebab kemacetan dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalulintas dan masyarakat yang belum memahami tentang (over di mention dan over loading) khusus kendaraan angkutan barang yang sangat berpotensi terjadi kecelakaan," tegasnya.


Dalam operasi kali ini juga Polri melalui Polda Sulut didalamnya Polres Mitra, prioritaskan kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polisi Lalu Lintas (Polantas).


"Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan petugas di lapangan saat menjalankan tugas diantaranya, melakukan deteksi dini serta pemetaan, melaksanakan Binlu kepada masyarakat tentang tertib berkendara, memberikan edukasi dan penerangan untuk menambah kesadaran masyarakat kemudian melakukan tindakan Gakkum dengan menilang elektronik (E-TELE) secara statis dan mobile," terang Hartono.


Diakhir sambutan Kapolda melalui Kapolres mengarahkan serta menekankan pentingnya menerapkan pedoman untuk keberhasilan tugas dilapangan.  


"Selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Mahakuasa melalui doa, jalin kerjasama yang aktif antar institusi negara, jaga keselamatan satuan serta wujudkan pelayanan aparat yang humanis dan bersih dari korupsi," tukas Hartono. (hak)