Iklan

June 13, 2022, 02:55 WIB
Last Updated 2022-06-13T10:14:14Z
Mitra

Redam Aksi Kenakalan Remaja, Polres Mitra Lakukan Binluh Di SMK N 1 Ratahan


Jurnal,Mitra - Untuk meredam aksi kenakalan remaja yang melibatkan para pelajar. Jajaran Polres Mitra melalui bagian Bimbingan Masyarakat (Binmas) bersama Polsek Ratahan, menggelar kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) di SMKN 1 Ratahan, Senin (13/6/22) dihadiri Kepsek SMAN 1 Ratahan bersama dewan guru.



Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono melalui Kasat Binmas Iptu Oktavianus Demakota menyatakan bahwa kegiatan serupa telah dilaksanakan pihaknya di masing-masing sekolah di wilayah Minahasa Tenggara.




"Pelaksanaan Binluh tersebut bertujuan untuk menekan angka kenakalan remaja, seperti perkelahian antar pelajar, penekanan asusila, penyalahgunaan narkoba, kegiatan balap liar dan penyalahgunaan media internet sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang tua dari masing-masing Siswa/siswi," kata Demakota.




Menurutnya, kenakalan remaja dapat disebabkan dari berbagai faktor. Maka dari itu diperlukan peran serta dari orang tua dalam mendidik dan mengawasi pergaulan sehari-hari putra maupun putri saat dirumah.




"Untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja pentingnya peran serta orang tua dalam mendidik anak selain di lingkungan sekolah. Sebab lingkungan masyarakat juga sangat mempengaruhi," ujarnya.


Dikesempatan itu juga Demakota menyampaikan dalam Rangka Operasi Patuh Samrat 2022, kiranya para Guru dan Orang Tuas  selalu mengontrol para Siswa/siswinya untuk tetap mematuhi Aturan lalulintas sehingga mengurangi adanya angka kecelakaan lalulintas.




"Kami juga berharap kepada guru dan pihak sekolah, dapat ikut andil proaktif dalam membina dan mengingatkan para siswa-siswinya ketika akan pergi mengenyam pendidikan di lingkungan sekolah. Sehingga bisa tercipta generasi penerus anak bangsa yang nantinya akan menggantikan posisi kita kedepan," harapnya.




Dikesempatan yang sama, dirinya mengajak kepada siswa-siswi agar tetap mentaati protokol kesehatan covid-19, meskipun saat ini wilayah Minahasa Tenggara sudah berada di level 1. Ini juga guna mencegah penularan Covid-19.




"Meski kabupaten Minahasa Tenggara saat ini kasus penyebaran covid-19 sudah melandai, namun kita tetap perhatikan protokol kesehatan dan jangan lengah," ketusnya.




Hadir dalam giat tersebut, Kepala Sekolah SMK 1 Ratahan Teny Ohy M.Pd, Kaur Mintu Aipda M. Sekerone, Kanit Binpolmas Aiptu Roland Kambey,  Kanit Binmas Bripka Junior Sumaela, Para Dewan Guru SMK 1 Ratahan, Para perwakilan Orang Tua Siswa / Siswi SMK 1 Ratahan serta Para Peserta Siswa/Siswi SMK 1 Ratahan. (hak)