Iklan

July 13, 2022, 02:40 WIB
Last Updated 2022-07-13T09:40:47Z
EkonomiUtama

BSG Resmi Luncurkan Program KUR Bohusami. Pepah : Program Ini Diperuntukkan Pelaku UMKM Bone Bolango


Jurnal Manado – Tingkatkan program pro rakyat, PT Bank Pembangunan Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) secara resmi meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bohusami.


Program yang diperuntukan bagi para pelaku UMKM di Bone Bolango diluncurkan langsung oleh Direktur Utama BSG Revino M Pepah, Selasa (12/07/2022). 


"KUR Klaster Bohusami ini merupakan produk bersama antara PT. BSG dengan OJK Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara. Dan, baru tiga tahun dipercayakan oleh pemerintah sebagai bank penyalur KUR," terang Pepah. Sembari mengatakan bahwa pihaknya telah menentukan model bisnis dari pada KUR dengan sistem klaster berdasarkan diskusi dan pembahasan dengan OJK. 

Lanjut orang nomor satu di BSG ini, KUR Klaster Bohusami masih difokuskan penyalurannya pada KUR Bakobong dan KUR Batibo.


“Ada juga KUR Basoma dan KUR Baternak, tapi sementara kita akan fokuskan pada KUR Bakobong dan Batibo,” jelasnya. 


Terpisah, Branch Manager BSG Suwawa, Kasmir Abdul Hamid mengatakan, KUR Bohusami berbeda dengan pembiayaan KUR lainnya yang selama ini diberikan kepada masyarakat sebab KUR Klaster Bohusami ini akan ada pendampingan dari dinas terkait. 


“Kenapa perlu ada pendampingan dari dinas terkait supaya kami dari pihak perbankan untuk melakukan pembiayaan itu pasti. Jadi KUR ini tidak asal kita kasih,”jelasnya. Sembari menambahkan, tujuan pendampingan agar supaya ketika para pemohon mendapatkan bantuan dari bank dapat melakukan efisiensi, dengan kata lain bisa memutuskan rentenir. Apalagi dengan bunga yang hanya 6%.

(*)