Iklan

September 29, 2022, 05:03 WIB
Last Updated 2022-10-09T12:10:41Z
PendidikanUtama

Sekjen Wantannas Beri Kuliah Umum. Rektor : Pengembangan SDM Jadi Fokus



Jurnal Manado – Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, M Sc, DEA, IPU dalam sambutannya mengatakan, berada di jendela Pasifik, keamanan bagian Timur Indonesia masuk di dalam strategi keamanan nasional menghadapi gangguan dan ancaman yang tidak pernah surut.


“Dengan bergesernya pusat ekonomi dunia dari poros Atlantik ke poros Asia-Pasifik, ekonomi kelautan Indonesia ke depannya diprediksi akan semakin strategis,” kata Rektor saat memberi sambutan pada kuliah umum di Aula Kantor Rektorat Universitas Sam Ratulangi Manado, Kamis (29/9/2022).

Ia berharap, dengan ditetapkannya Indonesia sebagai poros maritim dunia maka pengembangan SDM akan menjadi fokus tak kalah penting.

“Di sinilah perguruan tinggi berperan untuk selalu membuka diri berkolaborasi, serta bermitra dalam mendidik mahasiswa, termasuk menanamkan budaya dan jiwa maritim demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” katanya.

Unsrat juga akan mendorong mahasiswa untuk memahami dan mengembangkan kawasan kemaritiman Indonesia di Kawasan Pasifik.

Sementara Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksdya TNI Dr Ir Harjo Susmoro, S Sos, SH, MH, saat memberikan kuliah umum di Aula Kantor Rektorat Universitas Sam Ratulangi Manado mengambil tema “Strategi Keamanan Nasional Menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia“.

Susmoro mengatakan, untuk mewujudkan Visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia harus membangun kembali budaya maritim.


“Selain itu, harus menjaga dan mengelola sumber data laut, prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim serta kewajiban untuk membangun kekuatan maritim,” pungkasnya.


(*wik)