Iklan

November 23, 2022, 10:04 WIB
Last Updated 2022-11-23T18:04:21Z
Mitra

Kecamatan Tombatu Pertama Menuntaskan Pemuktahiran Data SDGs Tahun 2022, Camat Franky Batubuaja Apresiasi Jajaran Pemdes


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menuntaskan Pemutakhiran Data Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2022.


Diketahui Hari ini (Rabu 23/11/22) Kepala Kecamatan Tombatu menghadiri pelaksanaan Musdes Penetapan Konsolidasi dan Pemutahiran Data SDGs Desa Kali Oki. "Desa ke-11 artinya Desa terakhir, maka tuntas semua desa se KecamatanTombatu. Terima kasih dan  Apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan di 11 desa yang sudah bekerja maksimal sehingga boleh tuntas, dimana sesuai target Pemkab selesai 30 November 2022. Tapi Kecamatan Tombatu secara keseluruhan sudah tuntas pada hari ini. Bahkan sangat luar biasa karena Info dari P3MD, Kecamatan Tombatu merupaka. Kecataman pertama yang selesai menuntaskan Pemutakhiran data SDGs Tahun 2022," ungkap Camat Franky Batubuaja.


Dikatakannya dengan tuntasnya Pemuktahiran SDGs akan bisa menjadi penentu arah dan kebijakan desa bagi program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat." SDGs merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail, karena terdapat pendalaman data-data pada level di lingkungan atau jaga, keluarga, dan warga sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan data." ujar Batubuaja rabu 23/11/22.


Mantan Sekretaris Bapeda Kabupaten Mitra itu menjelaskan bahwa Pemuktahiran Data bukan sekadar angka-angka, karena data SDGs desa juga bisa mengetahui informasi potensi desa, permasalahan desa, indikator dominan, hingga rekomendasi kegiatan pembangunan desa. "Data SDGs juga merinci mengenai jumlah warga desa yang masih menempati rumah kumuh, warga yang mengalami gizi buruk, warga yang menderita sakit, sampai warga yang disabilitas. Data tersebut kedepan yang nantinya diakomodir dalam APBDes tahun mendatang oleh Pemerintah Desa," jelas Batubuaja.(hak)