Iklan

January 3, 2023, 17:26 WIB
Last Updated 2023-01-04T02:58:20Z
AdvetorialUtama

Capaian Program Strategis Pemprov Sulut Dibawa Komando ODSK, Selang Januari - Mei 2022

Presiden Didampingi Gubernur Sulut Saat Memantau Tol Manado - Bitung

jurnalmanado.com - Berbagai proyek besar yang telah dituntaskan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di Tahun 2022. Diantaranya adalah Jalan Tol Manado - Bitung. 


Dimana pada bulan Februari 2022, Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Manado-Bitung Sulawesi Utara (Sulut) ruas Danowudu-Bitung. 

Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 km tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara. Memangkas waktu jarak tempuh Manado-Bitung. Berdasarkan data yang biasanya jalan tempuh 1,5 jam sampai 2 jam. Setelah melalui tol hanya butuh 35 menit bahkan 30 menit. 


Selain itu manfaatnya jalan tol adalah pertumbuhan ekonomi. 



"Dan jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke pelabuhan internasional Bitung dan juga nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang, apabila Likupang sudah betul-betul selesai semuanya," ucap Jokowi pada acara peresmian.

Selain itu dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita, kata Jokowi. 

Langkah Gubernur untuk terus mengembangkan Sulut tak pernah surut. Pada Senin (21-3-2022), Gubernur menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Proyek Prioritas Strategis (Major Project) Daerah Tahun 2023 di Hotel Four Point 


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa dan dihadiri oleh Gubernur dan wakil gubernur di wilayah Indonesia Timur.


Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pengelolaan Taman Nasional Bunaken yang dihadiri Dirjen Victor Manoppo

Pun dengan pengembangan disektor perikanan dimana Visi misi Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw berkaitan dengan sektor perikanan dipaparkan Sekdaprov Sulut Asiano Gamy Kawatu dalam Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pengelolaan Taman Nasional Bunaken yang dihadiri Dirjen Victor Manoppo, Jumat (1/04/2022) lalu. 

Dikatakan Sekdaprov Kawatu Sulawesi Utara khususnya sangat dekat dengan tugas pokok dan fungsi dari Kementerian Perikanan dan Kelautan di dalamnya di Direktorat Jenderal pengelolaan ruang laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sehingga dengan berbagai kegiatan ditahun 2022 dan 2023 memerlukan dukungan dan support dari kementerian.


Sementara itu Dirjen Victor Manoppo menyatakan dalam rakor ini tentunya akan diminta masukan, pendapat agar bisa menghasilkan data dalam.menunjang program khususnya dalam sektor perikanan terutama pengelolaan taman laut bunaken.


” Saya orang manado baru dipercayakan sebagai Dirjen oleh pak Menteri dan dalam.rapat selalu diingatkan soal.taman laut bunaken, sehingga ini menjadi bagian penting untuk dibahas termasuk dalam mendukung pariwisata Sulut serta program.pemerintah untuk destinasi wisata di daerah ini.

Gubernur meresmikan sekaligus Grand Opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK di Jalan Bethesda, Kota Manado


Pun kebutuhan dasar seperti kesehatan masyarakat. Sebagai bentuk peningkatan pelayanan masyarakat, pada Sabtu (23/4/2022), 



Gubernur Sulut, Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Andi Silangen, Kepala Dinkes Sulut dr Debie Kalalo dan Direktur Utama RSUD ODSK dr Enrico Rawung meresmikan sekaligus Grand Opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK di Jalan Bethesda, Kota Manado. 



RSUD ODSK yang berklasifikasi tipe B ini telah melaksanakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang lengkap serta telah dilaunching di digitalisasi RSUD pada tanggal 20 April 2022, sesuai standar dan sesuai Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, dan itu sudah diatur.


Mewakili Gubernur, Wagub Melakukan Ground Breaking Pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak

Masih dengan pemenuhan kesehatan, melalui Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak, salah satu layanan dari RSUD ODSK, di Jl Bethesda, Manado, Jumat (27/5/2022).

Di bangunnya fasilitas kesehatan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak di Sulut. Dengan fasilitas Fasilitas yang tersedia di dalamnya, yakni di lantai dasar ruang parkir, lantai 2 ruang rawat inap, lantai 3 ada ruang rawat inap serta pusat kajian pengembangan kesehatan ibu dan anak. 


Di lantai 4 ada fertility center, dengan teknologi reproduksi berbantu yakni yang dikenal program bayi tabung, untuk membantu pasangan suami istri dalam mendapatkan keturunan.

Dengan tersedianya layanan program bayi tabung ini, maka warga di Sulut dan semuanya yang hendak mengikuti program bayi tabung tidak perlu pergi jauh.(adv)