Iklan

January 19, 2023, 02:46 WIB
Last Updated 2023-01-19T16:39:05Z
NasionalPemerintahanUtama

Sah! Bendungan Kuwil Diresmikan Presiden RI Joko Widodo


jurnalmanado - Satu lagi mega proyek di Sulawesi Utara diresmikan Presiden RI Joko Widodo. 

Bendungan Kuwil yang terletak di Kawangkoan Kec. Kalawat Kab. Minahasa Utara, dibangun sejak 2016. Yang menelan anggaran Rp1,9 triliun rupiah, Kamis 19 Januari 2023 telah sah beroperasi. 

“Bendungan Kuwil memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare. Keberadaan Bendungan Kuwil diantaranya mengurangi banjir di Kota Manado,” ujar Presiden Jokowi yang saat peresmian didampingi Menteri PUPR Basuki, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Forkopimda Sulut, Bupati Minut Joune Ganda. 



Presiden Jokowi pun ingat betul Kota Manado pernah banjir bandang tahun 2014. Sehingga, diharapkan bendungan Kuwil bisa mencegah banjir bandang kembali terjadi di Manado.


Lanjut Presiden Jokowi, keberadaan Bendungan Kuwil Kawangkoan juga bisa untuk pembangkit listrik Tenaga Mikro Hidro. Bendungan Kuwil disebut mampu menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt. Selain itu, untuk pertanian juga.



“Letaknya berada di atas Kota Manado. Sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” ucap Jokowi.


Adapun pembangunannya, dikerjakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-DMT (KSO), paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero), dan paket ketiga dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) (KSO). 


(man)