Iklan

February 14, 2023, 05:46 WIB
Last Updated 2023-02-14T13:46:39Z
MitraPendidikan

Programkan Tuntas Calistung, Kadis Pendididikan Sarah Kindangen : Pentingnya Peran Orang Tua


Jurnal,Mitra - Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus melakukan upaya dalam meningkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan bagi anak Siswa Sekolah Dasar (SD). Salah satu Program yang dilaksanakan yaitu Tuntas Calistung (Membaca Menulis Menghitung).


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra Sarah Kindangen mengatakan bahwa  Salah satu program Dinas Pendidikan (Disdik) ditahun 2023 adalah Tuntas Calistung." Program Tuntas Calistung ini, diperuntukkan bagi anak-anak Sekolah Dasar (Kelas IV-VI)"katanya Senin 13/2/23.


Program "Tuntas Calistung" merupakan upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra dalam peningkatan Mutu dan Kualitas Siswa SD." Tim Tuntas Calistung Kabupaten Mitra sudah dibentuk dan saat ini sudah mulai pendampingan bagi anak-anak SD," ungkap Kindangen.


Dituturkan Mantan Kabag Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra, Tuntas Calistung sangat berdampak pada kemampuan anak didik SD." Kemampuan membaca,menulis,berhitung sangat penting bagi anak SD,.Ini merupakan tonggak dari proses belajar yang berlangsung seumur hidup dan ini adalah metode belajar yang paling mendasar dan harus dikuasai anak. Target kami sebelum tahun ajaran baru anak-anak kelas atas (IV - VI) sudah Tuntas Calistung," tutur Kindangen.


Untuk itu Dirinya sangat mengharapkan peran aktif orang tua siswa dalam pendampingan ketika sudah selesai jam belajar." Harapan kami orang tua dapat bekerja sama dengan kami karena Orang Tua adalah pihak yang paling tahu kondisi anak. Karena itu peran orang tua sangatlah penting dalam mengkomunikasikan kondisi anak pada guru. Dengan komunikasi yang baik, orangtua dan guru bisa bekerja sama agar pengajaran calistung menjadi efektif dan sesuai kondisi anak" pungkas Kindangen.(hak)