Iklan

March 19, 2023, 10:00 WIB
Last Updated 2023-03-30T14:29:28Z
Bitung

Google Workspace, Pemkot Bitung Kerjasama dengan Google Indonesia


Jurnal Bitung - Google Indonesia berkesempatan memberikan penjelasan terkait kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, dalam hal ini Google Workspace.

Michael Utomo dari PT Aku Mitra Digital menjelaskan, Google Workspace adalah kumpulan alat produktivitas dan kolaborasi cloud-based yang ditawarkan oleh Google.


“Google Workspace terdiri dari beberapa aplikasi, termasuk Gmail, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Presentasi, Kalender, Meet, Chat, dan banyak lagi,” tutur Michael, Minggu (19/3/2023).


Ia menjelaskan, aplikasi ini dapat diakses dari berbagai perangkat dan platform termasuk desktop, laptop, tablet, dan smartphone. Hal itu memungkinkan pengguna untuk mengakses, membuat, dan berbagi dokumen dengan mudah dan efisien di mana saja dan kapan saja.


Kerja sama antara Google Indoensia dengan Pemerintah Kota Bitung telah dilaksanakan di lantai 45 Kantor Google Indonesia di Jakarta, akhir Februari 2023.


Penandatanganan disaksikan Country Lead, Enterprise and Public Sector Google Cloud Indonesia, Anang Efendy; Field Sales Representative (FSR), State and Local Government Google Cloud, Andra Jayanthi; dan Michael Utomo.


Kemudian ikut menyaksikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Bitung, Albert Sergius; Kepala Bagian Umum Setda Kota Bitung, Theo Rorong; Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bitung, Riano Senduk; Kepada Dinas Komunikasi Kota Bitung, Theodorus Rompas; Staf Khusus Wali Kota Bitung Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Komunikasi Strategis, Santy G Luntungan.


Michael Utomo menambahkan, Google dan PT Aku Mitra Digital akan mengimplementasikan Google Workspace dalam kerja sama tersebut. Nantinya akan digunakan oleh seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Bitung.


Dengan Google Workspace, dapat membantu ASN Pemkot Bitung dalam mengelola dan mengolah data secara efektif.


Perangkat tersebut juga memudahkan para pegawai untuk bekerja secara tim dan mengakses dokumen secara bersamaan. Google Workspace juga menawarkan fitur keamanan yang tinggi untuk menjaga privasi data dan informasi yang disimpan di dalamnya.

Selain Google Workspace, melalui Aku Mitra Digital sebagai mitra dari Google Indonesia sudah memberikan road map untuk transformasi digital dalam menjalankan operasional Pemkot Bitung.



Sehingga mobilitas dan produktivitas ASN Kota Bitung dapat lebih dekat dengan warga dan membantu warga Kota Bitung lebih cepat.

Andra Jayanthi berharap kerja sama ini bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik serta mempercepat pembangunan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat.

Maurits Mantiri menambahkan, Google Workspace adalah sebuah fitur layanan milik Google untuk menyimpan banyak aplikasi pendukung produktivitas kerja yang saling terintegrasi.


“Platform ini akan digunakan untuk kebutuhan pendataan secara digital di Kota Bitung,” kata Maurits Mantiri.


Maurits Mantiri mengatakan, dirinya dan jajaran Pemkot Bitung siap diakusisi dan berkolaborasi dengan Google Indonesia agar akselerasi sistem pendataan digitalisasi di Kota Bitung benar-benar terintegrasi.(adv)