Iklan

March 9, 2023, 00:15 WIB
Last Updated 2023-03-09T08:15:02Z
Politik

Senator SBAN Liow, Terus mengajak dan Memotivasi, Memberikan Contoh Menanaman Bibit Pohon dan Buah


JurnalManado - Anggota Komite II Dewan perwakilan daerah (DPD) Republik lndoensia (RI) Senator Ir. Stefanus BAN (SBAN) Liow, MAP terus mengajak, memotivasi dan bahkan memberikan contoh untuk melakukan penanaman bibit pohon dan buah. 


Tidak terkecuali menanam dan  memelihara pohon enau, seho atau akel. Mantan Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupala) Amurang mengatakan fungsi pohon enau secara ekologis adalah sebagai pengawet sumber daya alam terutama tanah. Ditambahkan mantan Ketua Mapala Mapalus ITM ini bahwa akar serabut pohon seho sangat kokoh, dalam dan kuat sehingga memiliki fungsi penting bagi penahan erosi tanah. Akar seho juga memiliki kemampuan mengikat air. 


Disamping kelestarian alam dan lingkungan hidup, jelas Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018, seho memberikan banyak  manfaat untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Daun, ijuk, buahnya memberikan nilai tambah ekonomi dijadikan gula aren, saguer sebagai minum kearifan lokal dan banyak manfaat lainnya. Soal bibit pohon, kata Senator Stefanus Liow tersedia dan disiapkan oleh pemerintah seperti melalui BP DAS Tondano di lokasi persemaian modern Likupang Batuputih Bitung, Kima Atas dan dilokasi lainnya.(tino)