Iklan

April 27, 2023, 07:54 WIB
Last Updated 2023-05-05T08:28:02Z
DinamikaNasionalPemerintahanUtama

Musrembang Regional Sulawesi 2023, Ini Usulan Wagub Steven Kandouw


Jurnal Manado - Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw membuka kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) regional Sulawesi Tahun 2023 dan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulut Tahun 2024, di Hotel The Central, Kabupaten Minut, Kamis ( 27/04/2023) 

Pada kesempatan itu, wagub mengusulkan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dibebankan di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 


Menurut Wagub Kandouw, tidak ada salahnya kalau dana transfer daerah ditambah untuk menghadapi Pilkada tahun depan. "Berapa banyak yang harus kita keluarkan untuk Pilkada. Karena Pilkadanya serentak. Luar biasa pengeluarannya. Provinsi Sulut saja pengeluarannya 400 miliar, sementara PAD kita hanya 1,3 triliun. Kalau bisa dana Pilkada dikirimlah lewat APBN," pinta Wagub. 



Selain itu, Wagub Kandouw memuji, kehadiran kita semua disini merupakan ikhtiar, semangat, harapan dan tujuan untuk mencari cara terbaik untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Pak Gubernur berterima kasih atas kedatangan dan mengambil waktu menghadiri Musrenbang regional Sulawesi Tahun 2023 dan Musrenbang Rencana Kerja  Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulut Tahun 2024. Semoga berjalan lancar," ungkap Wagub. 

Menurut Wagub, arahan yang sudah disampaikan oleh Pak Dirjen dirinya sangat setujuh, tapi Wagub menambahkan, tidak kalah penting  sustainability atau keberlanjutan dan resilient. 


"Karena dengan keterbatasan fiskal yang sudah disampaikan Pak Dirjen tadi. Dan di seluruh pulau Sulawesi ini fiskalnya tidak ada yang tinggi-tinggi, yang ada menengah bahkan rendah. Untuk itu kita dituntut  ulet," kata Wagub. 


Wagub Kandouw juga meminta, kepala daerah  harus duduk bersama, tidak ada yang bisa berdiri sendiri. Walaupun Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan jauh tetap kita harus bekerjasama. 



"Contohnya Pak Gubernur Sulut dengan ikhtiar luar biasa membuka penerbangan langsung ke Narita Jepang dan sebentar lagi Korea Selatan. Nanti dibuka kembali penerbangan ke tujuh kota di China," katanya Wagub. 


Lanjut Wagub,  kita tidak semata-mata untuk pariwisata, tetapi keinginan pak Gubernur lebih dari itu. Supaya produk-produk kita langsung bisa diekspor. 



"Kargo terbuka, bukan hanya untuk Pulau Sulawesi tetapi Indonesia Timur. Upaya kita ekspor ini jangan diabaikan begitu saja. Jadi produksi apa saja bisa kita ekspor. Alhamdulillah semua sampai sekarang on the track. Kewajiban kita untuk subsidi makin lama makin menyusut, karena jumlah kargo makin lama makin tinggi," pungkasnya. 


Hadir Pangdam XIII/Merdeka diwakili Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta, Kapolda Sulut  diwakili Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Jan Leonard De Fretes, M.M. Ketua DRPD Sulut Dr. Fransiscus Andi Silangen. Ketua Pengadilan Tinggi Manado Dr. H. Lexsy Mamonto, S.H., M. H. Danlantamal VIII diwakili Dansatrol Lantamal VIII Letkol Laut (P) Burhananda Inggil Pribadi, S.T., M.Tr.Opsla. Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan, S.E. Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, SAP, MM. Kepala Zona Maritim Tengah diwakili Kabidops Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Tio T. Pasribu.  Danguskamla Koarmada II  diwakili Pabanpers Slog Guskamla Koarmada II Letkol Laut (KH) Marcelino J. Sompotan. Kepala BNN Prov. Sulut Brigjen Pol. Pitra A. Ratulangi, S.I.K.,M.M. Kadilmil III-17 Manado Letkol Laut (P) Amriande, S.H. Kepala Badan SAR Prov. Sulut Bpk Monce Brury, S.IP.


Sedangkan pemateri adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI yang diwakili oleh Direktur Sumber Daya Air Kementrian BPN/Bappenas RI Bpk. Muhammad Irfan Saleh, S.T., MPP., Phd. Menteri Dalam Negeri RI yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Kementrian Dalam Negeri Bpk. Ir. Restuardy Daud, Msc. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

(man)