Iklan

May 15, 2023, 07:53 WIB
Last Updated 2023-05-15T14:53:00Z
Mitra

Gelar Lomba Musik Bambu Klarinet, Asisten 1 : Bangkitkan Budaya Musik Tradisional Minahasa


Jurnal,Mitra - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 pada 23/5/23 Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Panitia menggelar lomba masik bambu Klarinet, polines dan katrili di Lapangan Ompi Ratahan, Senin 15/5/23.


Pelaksanaan tersebut terpantau Antusias masyarakat dalam keikutsertaan pada Lomba sangat luar biasa untuk menyaksikan langsung lomba musik bambu.


Ketua panitia Jani Rolos mengatakan kegiatan tersebut untuk membangkitkan kembali budaya musik tradisional Minahasa yang sudah mulai puna. "Pemkab Mitra Melalui Panitia HUT ke 16 menggelar kegiatan lomba musik bambu Klarinet untuk kembali membangkitkan budaya musik tradisional Minahasa,"katanya.


Budaya tradisional Minahasa tersebut sebagai aset pariwisata yang di miliki Pemkab Mitra yang perlu kita kembangkan. "Pada lomba musik bambu klarinet yang akan diikuti 20 tumpukan musik masing- masing peserta membawakan lagu wajib Mars Minahasa Tenggara dan lagu bebas pilihan serta lagu ekstra,"ungkap Rolos.


Dijelaskan juga bahwa, musik tradisional musik bambu Klarinet sesuai komitmen dari Bupati James Sumendap akan dilestarikan di Mitra telah menjadi agenda tahunan. "Kegiatan ini akan di agendakan setiap tahun, karena ini akan menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Mitra," jelas Rolos.


Dirinya menambahkan kita juga bersyukur hari ini dibawah kepemimpinan Bupati James Sumendap MH, kita meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang kedelapan kali.“Hari ini juga kita bersyukur, karena Kabupaten Mitra kembali meraih WTP yang kedelapan kalinya,” Tutup Rolos, sambil membakar semangat peserta lomba dan para penonton.(hak)