Iklan

May 15, 2023, 07:58 WIB
Last Updated 2023-05-15T14:58:10Z
Mitra

Pemkab Mitra Kembali Raih Predikat WTP ke 8


Jurnal,Mitra – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara ( Pemkab Mitra) kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualifief opinion terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Tahun Anggaran 2022.


WTP ini merupakan yang kedelapan kalinya diperoleh Pemerintah Kabupaten Mitra secara berturut-turut sejak tahun 2015.


Pengumuman perolehan opini WTP disampaikan dan diserahkan langsung BPK RI perwakilan Sulawesi Utara Arief Fadillah.


WTP tersebut diterima Pemerintah Kabupaten Mitra pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2023, dalam rangka Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP-BPK) atas laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 Oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Manado 15/05/23.


Bupati Mitra James Sumendap, yang diwakili oleh Wakil Bupati Jocke Legi menyambut gembira hasil tersebut dan berharap dapat terus dipertahankan.“Tahun 2023 BPK RI kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Mitra tahun anggaran 2022. Ini merupakan capaian Pemkab Mitra WTP ke-8 secara beruntun,” ujar Wabup.


Wabup juga menyampaikan harapannya agar capaian ini bisa terus dipertahankan serta menjadi pemacu semangat kerja di masa-masa mendatang.“Berkaitan dengan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian ini, dan atas semua kepercayaan, dukungan dan apresiasi BPK RI terhadap Pemerintah Kabupaten Mitra, maka dalam kesempatan ini kami menghaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Semoga dukungan yang sudah terbangun selama ini antara Pemerintah Kabupaten Mitra dan BPK RI dapat terus ditingkatkan demi terwujudnya Pemerintah yang bersih, transparan dan akuntabel,” katanya.


Wabup juga menyebutkan, selanjutnya terhadap rekomendasi BPK RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Mitra tahun 2022, secara seksama akan ditindak lanjuti sesuai dengan batas waktu dan tata cara yang ditentukan.“Harapan kami dalam tindak lanjut ini, BPK RI dapat terus membimbing dan mengarahkan kami sehingga hasil tindak lanjutnya tepat sebagaimana yang diharapkan dan tidak menimbulkan implikasi yang dapat merugikan kita semua,” tutur Wabup.


Wabup juga mengatakan, WTP yang kedelapan kalinya, tak lepas dari tangan dingin Bupati Mitra James Sumendap.“Semua ini dapat kita raih, itu semua berkat Pak Bupati James Sumendap MH, yang terus berupaya dan mensupport kepala-kepala SKPD dan jajaran pemerintahan di Kabupaten Mitra, sehingga meraih WTP yang kedelapan kalinya,” ujar Wabup.


Wakil Bupati Drs Jocke Legi didampingi Ketua DPRD Mitra Marty Ole, Sekretaris Daerah David Lalandos, Inspektur Mary Makalow dan Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah Mecky Tumimomor.(hak)