Iklan

May 3, 2023, 03:22 WIB
Last Updated 2023-05-07T10:25:47Z
BitungLipsusUtama

Peringati Hardiknas, Wakili Walikota Maurits Mantiri, Sekda Rudy Theno Irup


Jurnal Bitung - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Pemerintah Kota Bitung melaksanakan upacara bendera di lapangan Kantor Walikota Bitung, Selasa (2/5/2023) kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung Ignatius Rudy Theno bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) mewakili Walikota Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar. 


Yang menarik, Sekda Rudy bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bitung Nurjaya Munarwin dan beberapa peserta upacara lainnya memakai pakaian adat.

Peringatan Hardiknas 2023 mengangkat tema ”Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Ia membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, yang mengatakan tema tersebut mempunyai maksud peringatan ini dapat menjadi cara mewujudkan masa depan pendidikan yang memerdekakan.

Dikatakannya, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

“Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ujarnya.

Anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar.

Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

“Untuk itu, layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai dilipat kembali,” ujarnya.

Dikatakan pula, para pendidik dan tenaga pendidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia.

“Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar benarnya dalam belajar dan bercita cita,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengajak momentum Hardiknas 2023 disemarakkan dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar.

“Mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” tegasnya.

Usai sambutan, Sekda Rudy melakukan pengukuhan kepada mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung Eugenia Mantiri sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bitung dan jajaran pengurus masa bakti 2021-2025.(*)