Iklan

July 14, 2023, 19:09 WIB
Last Updated 2023-07-15T02:09:42Z
HukrimMitra

Meresahkan, Tambang Ilegal Diminta Tindak Tegas Oleh Aparat


Jurnal,Mitra – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut), diminta tindak tegas pertambangan emas ilegal memakai alat berat di wilayah ratatotok, yang saat ini sudah meresahkan masyarakat.


Praktik ilegal mining sudah marak terlihat di kawasan hutan ratatotok tak sedikit alat berat didatangkan lalu merambah hutan, hanya untuk mengambil hasil bumi tanpa perlu membayar pajak sebagai pendapatan utama negara.


“Seharusnya ini dipandang serius oleh kepolisian, karena saat ini masyarakat terancam akan terjadinya bencana alam seperti banjir bandang di ratatotok,”kata Toko masyarakat ratatotok Kasim Malolonto, Sabtu 15/7/23


Malolonto berharap agar pihak Kepolisian dalam hal ini Polda Sulut untuk menindak tegas aktivitas pertambangan emas ilegal yang memakai alat berat diwilayah hutan ratatotok.


“Saya minta pak Kapolda Sulut Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, menyikapi akan hal ini, tindak tegas aktivitas perusahan tambang emas ilegal yang beroprasi di wilayah ratatotok. Karena jika hujan intensitas tinggi di ratatotok masyarakat menjadi was-was akan adannya banjir bandang,”ucap Malolonto.


Dilanjutkan Maloloto, bahwa, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, telah menegaskan agar jajarannya tidak segan untuk menindak seluruh aktivitas terlarang, seperti judi online, pungli, hingga pertambangan emas ilegal.


“Untuk itu Saya minta Pak Kapolda Sulut Setyo Budiyanto hentikan dan tangkap para pengusaha pertambangan emas ilegal. Karena Pak Kapolri telah menegaskan agar seluruh jajaran Polda untuk ditindak aktivitas pertambangan emas tanpa ijin,” tandas Advokat ternama di Sulut ini. (hak)