Iklan

August 24, 2023, 17:50 WIB
Last Updated 2023-08-30T16:17:33Z
BitungUtama

BNPB dan Pemkot Bitung Gelar Sosialisasi Rekon Bencana


Upaya peningkatan kesiapsiagaan menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kota Bitung membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bitung melakukan Sosialisasi Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang di laksanakan di Favehotel Kota Bitung (24/08/2023).

Kegiatan ini di buka secara langsung oleh Walikota Bitung yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Bitung Ir. Ignatsius Rudy Theno, ST, MT.

“Dengan kerja keras dan kerjasama yang baik yang terjalin antara BPBD, TNI/Polri, Instansi terkait lainnya bahkan para relawan dalam penanganan bencana di kota Bitung, selama ini sehingga banyak kejadian-kejadian kebencanaan yang terjadi dapat diatasi dengan baik,” ucap Theno.

Sementara itu, dalam Sambutan Direktur Kesiapsiagaan BNPB yang diwakili oleh Ardy Abedriawan, menyampaikan bahwa proses penyusunan Renkon Gempa Bumi dan Tsunami Kota Bitung ini merupakan bagian dari program IDRIP (Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project) yang dilaksanakan BNPB bersama World Bank (Bank Dunia).
Ia berharap, Renkon ini bisa segera ditindaklanjuti untuk dijadikan payung hukum sebagai acuan pelaksanaan penanggulangan bencana di Kota Bitung.


Acara dilanjutkan dengan Penyerahan serta Penandatanganan Dokumen Rencana Kontingensi Gempa Bumi dan Tsunami oleh BNPB kepada Sekretaris Daerah Kota Bitung Selaku X Opisio Kepala BPBD Kota Bitung.

Turut hadir dalam kegiatan Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Dandim 1310/Bitung diwakili Kasdim 1310/Bitung Myr Inf Nofry Pratasik, Kapolres Bitung diwakili Iptu A. Cry Paat, Kadis Kominfo kota Bitung, Ir. Theodorus E H. Rompas, S.T., M.E, Kabig BMKG Manado Bpk. Frangky O. Ulus, Kepala Bapeda kota Bitung, Drs. Sifri Mandak, M.Si, MAP, Kabak Hukum Pemkot Bitung, Bpk Cristiarso, SH,MH, Camat Madidir Ibu Olien Tempo, Camat Aertembaga Ibu Stefni Naungmapiah, Kepala Basarnas Manado diwakili Bpk Rio M. Kereh, Para pimpinan/perwakila dari PT yg ada di kota Bitung.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno membuka Sosialisasi Dokumen Rencana Kontingensi (Rekon) Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Kota Bitung, Selasa (22/8/2023).

Kegiatan itu digelar Badan Nasional Pengulangan Bencana (BNPB) RI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung di Ruang Milton Kansil Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung.

Rekon dirangkaikan dengan Seminar Rencana Kontingensi (Semiloka) Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Kota Bitung melewati beberapa tahap dan telah memasuki tahapan Draf Final.

Sekretaris Daerah Kota Bitung menyampaikan apresiasi kepada BNPB melalui Direktorat Kesiapsiagaan yang telah mengadakan kegiatan di Kota Bitung.

“Kehadiran kita di sini adalah bukti komitmen dalam memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan menghadapi berbagai risiko bencana yang mungkin terjadi di wilayah Kota Bitung,” kata Rudy.

Semiloka yang digelar saat ini, kata Rudy merupakan kegiatan atau ajang yang berharga, yakni para ahli, praktisi dan pihak terkait berkumpul untuk berdiskusi, bertukar pandangan serta merumuskan langkah-langkah konkrit dalam menyusun rencana kontigensi yang efektif dan komprehensif.

Mantan Kepala Dinas PUPR Kota Bitung ini, mengajak semua yang hadir bekerja sama dalam memetakan potensi risiko, menilai dampak yang mungkin terjadi, serta merancang strategi tanggap darurat yang efisien, dalam hal menghadapi bencana, baik melalui edukasi maupun partisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berfokus pada penanggulangan bencana.

“Terima kasih kepada BNPB dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Semiloka ini. Semoga kegiatan ini memberikan hasil yang berarti bagi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Bitung,” katanya.