Iklan

August 29, 2023, 17:59 WIB
Last Updated 2023-08-30T16:15:33Z
BitungUtama

Walikota Bitung Maurits Mantiri Hadiri Pelantikan Ketua TP PKK 3 Kecamatan

 


Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM menghadiri pelantikan Ketua TP-PKK tiga kecamatan, yakni Kecamatan Madidir, Aertembaga dan Ranowulu.

Pelantikan dipusatkan di Kantor Kecamatan Madidir, Selasa (29/8/2023).

Walikota Bitung dalam sambutanya mengatakan, lewat pelantikan ini diharapkan bekerja secara terintegrasi atau “malendong” untuk menuntaskan target di lapangan.

“Banyak program baik itu dari pemerintah maupun PKK yang harus segera dituntaskan,” ujarnya.

Ia berharap pula kiranya setiap program dapat diuraikan secara detail sehingga memudahkan masyarakat kita untuk mengerti apa maksud dan tujuan program itu sendiri.

“Saat ini kita bekerja sudah sangat mudah dengan menerapkan digitalisasi bahkan Pemerintah Kota Bitung saat ini sudah masuk dalam level pemanfaatan digitalisasi tersebut,” kata Walikota Maurits Mantiri.

 

 

TP-PKK atau singkatan dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Keluarga, adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan.

Dimana fungsi PKK sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak di masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

 

TP-PKK memiliki sejumlah tugas, yaitu merencanakan, melaksanakan, dan membina pelaksanaan program-program kerja, dimana sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

Menghimpun, menggerakkan, dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK. Memberikan bimbingan, motivasi, dan memfasilitasi TP-PKK/kelompok-kelompok PKK di bawahnya.

Menyampaikan laporan mengenai pelaksana tugas kepada ketua Pembina TP PKK setempat dan Kepada Ketua Umum/Ketua TP PKK setingkat di atasnya.

Mengadakan supervisi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan terhadap pelaksana program-program TP PKK.

Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM menghadiri pelantikan Ketua TP-PKK tiga kecamatan, yakni Kecamatan Madidir, Aertembaga dan Ranowulu, Selasa (29/8/2023).

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai gerakan pembangunan masyarakat yang berawal dari Seminar “Home Economic” di Bogor pada tahun 1957.

Anggota TP-PKK adalah para relawan, yang tidak menerima gaji, baik perempuan maupun laki-laki, yang menyediakan sebagian dari waktunya untuk PKK.

Hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri-Tangkudung bersama jajaran, Ketua DPW Kota Bitung Nurjaya Theno-Munarwin, Pengurus TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Bitung serta Para Camat se-Kota Bitung.