Iklan

September 21, 2023, 16:57 WIB
Last Updated 2023-09-21T23:57:09Z
MitraUtama

Spektakuler, Kegiatan Festival Benlak Sukses Digelar Pemkab Minahasa Tenggara


jurnal, Mitra - Festival Benlak (Bentenan Lakban) resmi digelar bersamaan HUT ke-20 Kecamatan Ratatotok, Kamis 21/9/23 di Pantai Lakban Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).


Dengan bertemakan Mari "Jo Ka Mitra'" Festival Benlak 2023 dibuka langsung Gubernur  Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily dan didampingi Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi.


Festival Benlak turut dihadiri Kapolres Mitra AKBP Eko Sisbiantoro, Sekkab Mitra

 David Lalandos, Asisten 1 Jani Rolos, Asisten 2 Arnold Mokosolang, Asisten 3 Elly Sangian, Pimpinan dan Anggota DPRD Mitra dan seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Mitra, serta masyarakat.


Dilokasi Festival Benlak baik di Pantai Lakban dan Pasar Tombatu, Para pengunjung dapat menikmati berbagai acara menarik, antara lain lomba perahu cepat, perahu hias, atraksi musik bambu, atraksi drum band, dansa, koor gaya, maengket & pameran pembangunan berlangsung sejak tanggal 21 sampai 25 September 2023.


Kadis Pariwisata Sulut Henry Kaitjily mengatakan Aset Budaya harus diunggulkan.

"Festival Benlak merupakan aset budaya pariwisata unggulan yang lahir di Kabupaten Mitra. Kabupaten Mitra merupakan daerah yang kaya akan sumber daya yang besar terhadap pengembangan pariwisata, pertanian, industri dan pertambangan. Kegiatan Ini mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke Minahasa Tenggara," ungkap Kadis Pariwisata Sulut.


Sementara itu Bupati Mitra James Sumendap menuturkan,  Apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Ratatotok dan semua yang sudah mengambil bagian dalam pembukaan Festival Benlak. "Saya sangat mengapresiasi kerja keras panitia, masyarakat, teristimewa Kecamatan Ratatotok yang telah ambil bagian, baik anak sekolah maupun mahasiswa KKT Unsrat, yang telah berpartisipasi dalam pembukaan festival ini," tuturnya.


JS sapaan akrab Bupati Mitra menambahkan, Festival Benlak menjadi tugas dan tanggung jawab kami Pemerintah untuk mempromosikan ke masyarakat luas produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM dan IKM. "Tak terasa kepemimpinan saya akan segera tuntas di Kabupaten Mitra yang sangat kita cintai. Saya sangat bangga karena bisa dipercayakan masyarakat sebagai kepala daerah selama 10 tahun di Kabupaten Mitra. Dan berharap Kabupaten Mitra harus lebih hebat dan bersahaja," pinta Sumendap.


Untuk itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara mengucapkan selamat merayakan HUT ke-20 atas berdirinya Kecamatan Ratatotok. "Mari kita menjaga toleransi yang sudah lama tercipta dengan saling melengkapi, hidup rukun dan damai. Tuhan memberkati kita sekalian," pungkas Sumendap.(hak)