Iklan

November 9, 2023, 13:39 WIB
Last Updated 2023-11-09T21:39:54Z
Mitra

Balitbang Kabupaten Mitra Siap Kaji Gerakan Pencegahan Pernikahan Anak


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) melaksanakan Sidang Tim Pengendali Mutu (TPM) Kajian/Analis Bidang Aspek-aspek Sosial Kabupaten Mitra, Kamis 9/11/23.


Kegiatan Sidang Tim Pengendali Mutu (TPM) Kajian/Analis Bidang Aspek-aspek Sosial Kabupaten Mitra dibuka oleh kepala badan Penelitian dan Pengembangan Desten Katiandagho.


Narasumber Dr Agustince Kula Peneliti Badan Penelitian Dan Pengembangan Kabupaten Mitra memaparkan Kajian Gerakan Pencegahan Pernikahan Anak. "Masalah Pernikahan anak di usia dini merupakan masalah yang serius. Karena anak merupakan aset bangsa yang harus mendapatkan pendidikan cukup agar dapat bekerja yang memiliki bekal untuk kedepannya," katanya.


Satu-satunya Peneliti Ahli Muda di Kabupaten Mitra itu menjelaskan bahwa kajian ini menjadi penting Karena pernikahan anak usia dini merupakan masalah besar yang sangat mengkhawatirkan. "Ini akan berdampak pada laju pertambahan penduduk, bagi kesehatan resiko kelahiran muda, dampak sosial memungkinkan terjadinya perceraian, langar undang-undang perkawinan, langar norma agama dan belum siap secara sosial dan ekonomi," jelas Kula.


Pada kesempatan tersebut juga Didampingi Dosen Pengendali Mutu Dr. Grace Waleleng dari Unsrat dan di hadiri instansi Terkait yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja, Pihak Kecamatan dan Hukum Tua serta Insan Pers. (hak)