Iklan

November 22, 2023, 07:28 WIB
Last Updated 2023-11-22T15:28:02Z
Mitra

Laksanakan Seminar, Wakapolres Mitra Franky Ruru : Jelang Pemilu 2024 Perangi Extrimisme, Hoax dan Politik Identitas


Jurnal,Mitra - Kepolisian Resort Polres (Polres) Minahasa Tenggara  (Mitra) melakukan seminar sehari bertajuk persaudaraan tanpa batas, jadilah yang terdalam dalam memerangi extrimisme, hoax dan politik identitas menjelang pemilihan Umum tahun 2024 mendatang.


Kegiatan yang difokuskan kepada para Siswa – Siswi sebagai Pemilih Pemula dalam Pemilu Tahun 2024 sehingga dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi dan dapat menjadi pemilih yang dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa.


Seminar sehari  tersebut dilaksanakan, rabu 22/11/23 di Aula SMK Negeri 1 Ratahan dan kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakapolres Mitra Kompol Franky Ruru.


Dalam sambutannya, orang nomor dua diPolres Mitra tersebut mengatakan bahwa para siswa atau pemiliih pemilih baru agar dapat mencari tahu apa yang tidak baik dan tidak pantas untuk diikuti agar tidak termakan ajaran yang tidak sesuai pada masa Pemilu 2024.


Menurut Ruru, pemuda harus punya hati nurani, literasi politik, wawasan politik yang positif untuk kebaikan kehidupan bangsa dan negara. Anak muda harus sadar bahwa Indonesia milik semua, bukan milik kelompok tertentu. Maka diperlukan suatu kesadaran bagi kita semua untuk berhati-hati dalam mengakses media sosial. Jangan sampai tergiring oleh isu hoaks, ujaran kebencian dan politik identitas, karena isu tersebut merusak tatanan sosial masyarakat yang telah harmonis dan damai.


Peserta mendapatkan Materi dari KPU Minahasa Tenggara,  Bawaslu Kabupaten Mitra  dan penyampaian Materi dari Tim Rumah Kebangsaan Duta Sulut Aman oleh Ketua Tim Rumah Kebangsaan Sulut Aman Ridwan Pasorong, S.H., terkait Pemilu yaitu pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih Legislatif / Eksekutif yang berdasarkan Asas Luberjurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil).


Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut,Kasat Intelkam Polres Minahasa Tenggara IPTU Suparlan, Ketua Tim Rumah Kebangsaan Sulut Aman Ridwan Pasorong, Ketua KPU Kabupaten Mitra yang diwakili Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Ryan J. Sandag, Ketua Bawaslu Kabupaten Mitra Jobie Longkutoy Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Ratahan Meiner Tangkulung, Guru dan THL SMK N 1 Ratahan, Siswa SMK N 1 Ratahan, SMA N 1 Ratahan, SMA Advent Ratahan, dan SMA N 2 Ratahan, serta undangan lainnya. (hak)