Iklan

March 8, 2024, 05:44 WIB
Last Updated 2024-03-08T13:44:49Z
PolitikUtama

Kampanye Minim Laporan, Umbola: Bekerja 75 hari, Dimasa Kampanye , Kami Tidak Bekerja Layaknya Tom and Jerry


JurnalManado - Komisioner Komisi pemilihan umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) Awaludin Umbola mengatakan, suksesnya pelaksaaan Pemilu serentak 14 Februari 2024 tergambar jelas sinergitas antara KPU Sulut, Bawaslu serta Stakeholder 


Pernyataan tegas disampai saat menjadi nara sumber pada kegiatan Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden dan Calpn Anggota DPD , DPR RI dan DPRD Sulut dan DPRD Kab/Kota Pada Pemilu Tahun 2024, yang dilaksanakan Bawaslu Sulut 7-9 Maret 2024 di GKIC Manado.


Menurut mantan komisioner Bawaslu Sulut itu, Komunikasi yang dibangun KPU dan Bawaslu hingga ditingkat bawah membuat Kampanye minim dari laporan baik peserta partai politik maupun mayarakat.


“Bekerja 75 hari, dimasa kampanye , kami tidak bekerja layaknya Tom.and Jerry. Semua berjalan sebagaimana tugas dan fungsi masing maaing.

Sesuai dengan Kewenangan,” tegas Umbola.


Umbola mangakui ada juga persoalan administrasi saat pemasangan APK, menyangkut titik pemasangan APK dan Kampanya Rapar Umum, namun bisa diselesaikan secara baik.


”Ketegasan Bawaslu, serta koordinasi yang baik membuat kerja kami juga jauh lebih mudah dalam pelaksanaan pemilu 2024 ini.


Kami akan babak belur menghadapi pelanggaran administrasi pemilu jika koordinasi dengan Bawaslu tidak berjalan baik,”ucapnya kepada JurnalManado.


Umbola juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pers yang dapat menyampaikan berita yang sejuk yang tidak menimbulkan letupan yang tentunya menggangu kondusifitas.


“Teman teman media kami juga berterima kasih karena bisa membangun hubungan baik . Saling menjaga, bahkan kami mrndapatkan juga banyak masukan.Demikian dengan parpol dan TKD paslon,”sebutnya


Umbola juga memastikan jika KPU Sulut telah menerima instruksi dari KPU RI untuk mempersiapkan tahapan pilkada secara matang baik teknis maupun keuangan.


“Saya berharap sinergitas yang telah terbangun secara baik ini dengan Bawaslu dan jajaran, parpol, teman teman pers , aparar kemanan TNI/Polri akan terus terbangun,” harapnya.


Jadikan Pilkada serentak ini aman, lancar dan sukaes tanpa kegaduhan,”tambahnya. (tino)