Iklan

March 5, 2024, 04:22 WIB
Last Updated 2024-03-05T12:22:50Z
NasionalPemerintahanUtama

Peningkatan Kapasitas TP - PKK, Ibu Rita : Gerakan PKK Sebagai Leader Strategis Pemerintah


Jurnal Manado - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sulawesi Utara (Sulut) Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 di Bandung, (5-8/3/2024).

Ibu Rita dalam sambutannya mengungkapkan syukur karena kegiatan ini membawa pengetahuan untuk TP-PKK Sulut.

Istri Gubernur Sulut Olly Dondokambey tersebut menambahkan, sebagai keluarga besar yang berketetapan hukum dan menjadi motor gerakan nasional dalam pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat karena disitulah terletak dasar-dasar pembangunan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, gerakan PKK sebagai leader strategis pemerintah seyogyanya merencanakan program selaras dengan prioritas program nasional maupun daerah.

“Tentu dengan tidak mengesampingkan program PKK secara nasional karena PKK dalam undang undang ada dalam peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga,” jelasnya.

Salah satunya menjelaskan bahwa penyelenggaran gerakan PKK meliputi perencanana, pelaksanaan, pembina, pemantauan dan reformasi dan juga laporan.

Dimana perencanaan dan pelaksanaan gerakan PKK dilaksanakan melalui 10 program pokok PKK.


“Untuk menerapkan 10 program pokok PKK tersebut, saya imbau TP-PKK perlu ditekan, dibina, disegarkan dan mengelola gerakan PKK sehingga pelaksanaan peningkatan kapasitas kader PKK hari ini perlu dibuat supaya kita semua dapat terus meningkatan pengetahuan agar nanti kemampuan pengurus TP PKK akan lebih tau mau dan mampu dalam melaksanakan peran dan fungsinya,”tutur Ibu Rita.


Sembari mengingatkan memberdayakan dan mensejahterakan keluarga masyarakat secara menyeluruh sebagai upaya dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera.


“Semoga itu semua dapat kita laksanakan dengan baik sebagai Tim Penggerak PKK Sulut. Kiranya peningkatan kapasitas kader PKK ini dapat bermanfaat untuk kita semua,” pungkasnya.


Turut hadir Sekretaris TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS, Pengurus TP-PKK Sulut dan jajaran PMD.

(*)