Iklan

March 25, 2024, 14:04 WIB
Last Updated 2024-03-25T21:04:09Z
Mitra

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Minahasa Tenggara Berhasil Evakuasi Pendaki Gunung Tersesat


Jurnal, Mitra - Tim Reaksi Cepat Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tenggara (Mitra) bergerak cepat membantu para pendaki Gunung Soputan yang tersesat, Minggu 24/3/24.


Kepala BPBD Kabupaten Mitra Sandra Kindangen ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa Tim reaksi cepat di bawah komando kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Dontry Wongkaren setelah menerima laporan langsung bergerak untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa Universitas Samratulangi yang mendaki di gunung Soputan.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Dontry Wongkarenmengungkapkan Kronologis kejadian, menurut keterangan korban : Pada hari Jumat Tgl 22 Maret 2024 pukul 20.00 wita mereka camping di basecamp soputan melewati jalur Pinawetengan (Opa Nok) dan pada Sabtu, 23 Maret pukul 22.00 wita mereka berempat memulai start pendakian.


Setibanya dipuncak Gunung Soputan pada hari Minggu, 24 Maret sekitar pukul 07.00 wita.

Mereka melakukan swafoto dan kemudian mulai turun dari puncak pada pukul 10.00 wita.


Pada saat turun Saudara Arron Lamadi berjalan duluan karena sudah kehabisan stok air minum, sehingga diapun berinisiatif utk mencari air dibawah kaki gunung.


Sekitar pukul 11.30 turun kabut tebal sehingga membuat jarak pandang mereka berkurang, karena mereka baru pertama kali mendaki di Gunung.Soputan sehinggah mereka belum menguasai medan, dan mereka bertiga berjalan hanya mengikuti jejak kaki Saudara.Aron yang pada saat itu juga sudah tersesat dan kebingungan mencari jalan.

(Maka merekapun ikut tersesat dan sudah tidak tau arah jalan pulang)


Kemudian sekitar pukul 17.30 wita mereka bertiga memberi pesan lewat wa (di titik ada signal) kepada teman-teman mereka.


Sedangkan Saudara.Arron sendiri sudah berada di Desa Winorangian dibantu oleh Petani sekitar yang melihatnya sedang berjalan kaki sendirian.


Pada Pukul 01.25 dini hari, kami Tim Lintas Sektoral menemukan mereka bertiga dalam keadaan sehat di sekitar titik koordinat yang telah dikirim kepada kami.


Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Desa Winorangian untuk menjemput Saudara.Aron dan langsung menuju ke Kantor BPBD untuk melakukan checkup medis kepada mereka berempat.


Dan pada pukul 07.53 tim lintas sektoral bergerak menuju ke Desa Pinawetengan untuk mengambil kendaraan dan peralatan camping mereka yang tertinggal.,(hak)