Iklan

May 22, 2024, 18:27 WIB
Last Updated 2024-05-23T01:27:41Z
PolitikUtama

Awaluddin Umbola: Penting Libatkan TNI Hadapi Pilkada


JurnalManado - Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Awaluddin Umbola, menjadi narasumber dalam acara Apel Komandan Satuan (Dansat) Kodam XIII/Merdeka di Aula Grahadika Jaya Sakti, Manado, Selasa (21/5/2024) kemarin.


Dalam acara tersebut, Awaluddin memaparkan tahapan Pilkada Tahun 2024 yang saat ini sementara dilaksanakan KPU Sulut.


"Sangat penting tahapan Pilkada ini disampaikan kepada para komandan satuan yang memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama berlangsungnya tahapan Pilkada” ujarnya.


Ia menguraikan berbagai tahapan Pilkada, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga pengawasan dan evaluasi Pilkada.


Ia menegaskan pentingnya melibatkan TNI dalam kerjasama antara KPU dan pihak keamanan, dalam memastikan Pilkada berjalan lancar, aman, dan tertib.


“Peran TNI dalam menjaga keamanan sangat vital, terutama dalam mengantisipasi potensi gangguan yang dapat mengganggu proses demokrasi ini,” ujarnya.


Selain itu, Awaluddin juga menyinggung tentang tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi selama penyelenggaraan Pilkada, seperti isu disinformasi, konflik sosial, dan logistik.


“Dengan koordinasi yang baik dan kesiapan yang matang, kita dapat mengatasi berbagai tantangan tersebut,” tandasnya.(tino)