Iklan

May 15, 2024, 21:22 WIB
Last Updated 2024-05-16T04:22:26Z
MitraUtama

Lepas 26 Calon Haji, Bupati Ronald Sorongan : Doakan Kabupaten Mitra Yang Tercinta ini Semoga Kemakmuran


Jurnal,Mitra - Penjabat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) laksanakan Pelepasan Jamaah Calon Haji tahun 1445 Hijriah/ 2024 Masehi, dalam keadaan yang penuh dengan kedamaian. Rabu 15/5/24 di lantai 3 Kantor Bupati.


Keberangkatan para calon haji ini, merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah Subhana Wataala. 


Bupati Ronald Sorongan pada kesempatan tersebut menyampaikan Ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakanya, baik segi ekonomi dan kesehatan baik fisik maupun mental. "Disamping harus memenuhi persyaratan baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.


Lanjut dikatakannya Ibadah haji yang dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik dari diri sendiri, tapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. "Para calon haji hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri yaitu ibadah secara total bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf. Kesemua bentuk ibadah itu berakhir pada kontrak atau perjanjian kita dengan Allah sebagai sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabiat yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya," kata Sorongan.


"Saya berharap keberangkatan Jamaah Calon Haji dari Kabupaten Minahasa Tenggara ini, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain," harap Sorongan.


Dirinya juga berpesan kepada para Jamaah sekalian, selama berada di Tanah Suci, jaga kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air. untuk itu diharapkan kepada jamaah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan. "saya ingin menitipkan harapan kepada Jamaah Calon Haji Kabupaten Minahasa Tenggara, agar senantiasa mendoakan daerah yang tercinta ini semoga kemakmuran,"pungkas Sorongan.(hak)