Iklan

June 8, 2024, 15:44 WIB
Last Updated 2024-06-08T22:44:07Z
MitraUtama

Bupati Ronald Sorongan Tinjau Lokasi Terdampak Bencana di Belang, Soyowan dan Basaan


Jurnal,Mitra - Penjabat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ronald Sorongan melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah yang terkena terkena dampak bencana Banjir, Longsor dan Likuifaksi akibat tingginya curah hujan dan meluapnya sungai.


Bupati Ronald Sorongan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) David Lalandos didampingi Asisten 1 Jani Rolos, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Sandra Kindangen, Kepala Dinas Sosial Nancy Lendombela, Kepala Satuan Pol PP, Camat Calvin Rawis dan Tim penanggulangan bencana daerah, Sabtu 8/6/24. "Desa Buku Raya, Desa Belang Raya dan Borgo Satu serta Desa Soyowan terkena dampak banjir akibat meluapnya aliran sungai sedangkan Desa Basaan Dua terkena bencana Likuifaksi. Khusus untuk Desa Basaan Dua akan dilakukan penelitian lanjutan untuk memastikan karena di lokasi tersebut terjadi pergeseran tanah," kata Bupati.


Adapun banjir yang terjadi cukup merusak dan memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat setempat. "Ada sejumlah rumah warga yang rusak berat dan ringan, bahkan fasilitas umum seperti sekolah dan rumah ibadah dipenuhi lumpur. Saya sudah perintahkan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra untuk melakukan kerja bakti masal bersama masyarakat dan memberikan bantuan sembako setelah pemerintah desa berhasil mendata korban terdampak banjir," ungkap Bupati Ronald Sorongan.


Selain itu kata Bupati, Pemerintah akan berupaya melakukan normalisasi serta talud di sungai yang ada di Kecamatan Belang dan Soyowan untuk mencegah terjadinya banjir di masa yang akan datang.(hak)