Iklan

June 11, 2024, 04:57 WIB
Last Updated 2024-06-11T11:57:40Z
Mitra

Gelar Uji Kompetensi, PUPR : Masyarakat Jasa Kontruksi Lebih Sadar Pentingnya kompetensi


Jurnal,Mitra - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bekerjasama dengan Balai Jasa Kontruksi wilayah VI Makasar melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Tenaga Kerja Kontruksi, Selasa 11/6/24 di lantai 3 Kantor Bupati.


Tim balai Jasa Kontruksi wilayah VI Makasar Adisam R. Amrah ketika di wawancara awak media mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman berdasarkan aturan dan perundang-undangan. "Bisa memahami berdasarkan undang-undang nomor 2 tahun 2017 bahwa tenaga kerja yang dipekerjakan harus bersertifikat tidak serta merta dipekerjakan tanpa didukung sertifikat keahlian, jadi yang utama diberikan pemahaman terutama teman-teman dinas terkait sebagai pelaksana kegiatan harus lebih paham lagi jangan sampai nanti lebih paham dari penyedia jasa daripada pelaksananya, Maka dari itu kami laksanakan kerjasama karena yang lebih memahami daerahnya adalah OPDnya masing-masing yang lebih tau persis ada berapa yang sudah bersertifikasi atau belum bersertifikasi, karena ini merupakan program kami untuk menyasar ke dinas PUPR,"katanya.


"Tenaga kerja dibidang kontruksi harus sudah bersertifikat karena semua harus paham jangan sampai dalam pelaksanaan kerja setelah ada tim audit dan tidak sesuai UU Nomor 2 tahun 2017 maka pekerja yang bekerja tidak bersertifikat akan diberhentikan berdasarkan aturan. Makanya tim harus lebih giat mencari tahu setiap pekerja yang bekerja dibidang konstruksi apa memiliki sertifikat kompetensi atau tidak," ujar Adisam.


Sementara itu kepala Dinas PUPR Kabupaten Mitra Novie Legi melalui Kepala Bidang Bina Kontruksi Lussy Ambarukmi menjelaskan bahwa Uji Kompetensi Tenaga Kerja Kontruksi merupakan kegiatan kerjasama dari Balai jasa kontruksi wilayah VI Makasar. "Semua pembiayaan oleh balai jasa kontruksi wilayah VI Makasar, kami menyediakan tempat dan juga peserta yang bisa mengikuti dari Dinas PUPR, Dinas PMD, Dinas Perkim dan Institusi Politeknik, penyedia jasa, konsultan juga Kontraktor. Harapan kami, masyarakat jasa kontruksi lebih sadar pentingnya kompetensi didalam dunia kerja khususnya dunia Kontruksi dalam hal ini Kadis berharap meningkatnya jumlah tenaga kerja kontruksi yang memiliki kompeten di bidangnya. Di kegiatan uji kompetensi ini ada 3 jabatan kerja yaitu 1.Jenjang 5 jabatan kerja pelaksana lapangan Pekerjaan gedung Madya. 2.Jenjang 5 jabatan kerja Pengawas struktur bangunan gedung Madya. 3.Jenjang 6 jabatan kerja manajer lapangan pelaksanaan pekerjaan gedung," jelas Ambarukmi.


Kegiatan tersebut dihadiri Sekda Kabupaten Mitra David Lalandos, Tim Balai Jasa Kontruksi wilayah, Tim Asesor (Lembaga Sertifikasi Profesi) Nicolas Mandagi serta 31 Peserta yang di Uji.(hak)