Iklan

June 11, 2024, 06:04 WIB
Last Updated 2024-06-11T13:04:09Z
Mitra

Komisi 1 DPRD Kabupaten Mitra RDP Dengan Dinas PMD


Jurnal,Mitra - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Terkait pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Tua di Bogor Provinsi Jawa Barat, Selasa 11/6/24 di Soekarno Hall Legislatif Kantor Dewan.


RDP dipimpin langsung oleh ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Mitra Artly Kountur yang didampingi Wakil Ketua Komisi Sophia Antou, Sekretaris Heedy Tumbelaka serta Anggota Tommy Lumintang, Royke Pelleng dan Rasni Pontororing.


Ketua Komisi 1 Artly Kountur langsung memberikan pertanyaan kepada Hukum Tua tentang pelaksanaan kegiatan tersebut. Adapun Hukum Tua Desa Ratatotok Timur Tras Wibowo mengungkapkan bahwa Bimtek yang diikutinya sangat penting dan bermanfaat dalam memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan untuk penyelenggaraan pemerintahan desa. "Kami mendapatkan materi dari Kementerian terkait revisi UU Desa terbaru serta berkunjung Study di salah satu Desa maju dengan Pendapatan Asli Desa yang sangat besar melalui pengelolaan Jasa Pariwisata," ungkapnya.


Selanjutnya Ketua Komisipun memanggil secara acak yaitu Hukum Tua Desa Winorangian Satu Kecamatan Tombatu Utara Nurni Manopo yang menjelaskan bahwa kegiatan di Bogor selama 4 hari diselenggarakan oleh Pusat Studydan pengembangan Potensi daerah (PUSPENSIDA). "Pembiayaan kami di ambil dari Pendapatan Asli Desa dan di setor ke Penyedia yaitu (PUSPENSIDA)," jelasnya.


Sementara itu Maxi Agow, Penjabat Hukum Tua Desa Bunag Kecamatan Touluaan Selatan menuturkan bahwa kegiatan Bimtek yang diikutinya sangat membantu dalam proses pembelajaran dan lebih memahami penyelengaraan pemerintahan desa. "Dengan adanya Bimtek ini saya merasa bangga karena banyak hal yang didapatkan terlebih materi dari Kementerian," tuturnya.


Sementara itu Jelly ratulangi Hukum Tua Desa Liwutung 2 Kecamatan Pasan membeberkan bahwa Sangat puas dalam mengikuti Bimtek. "Saya selama Bimtek mengikuti setiap materi, saya tidak pernah keluar Hotel. Saya ingin belajar berlatih dan bisa menerapkan apa yang sudah saya dapat selama mengikuti Bimtek," bebernya.


Kepala Dinas PMD Franky Wowor pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. "Kami laksanakan kegiatan Bimtek kepada Hukum Tua dalam rangka Peningkatan Kapasitas SDM Kumtua Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa yang dilaksanakan oleh PUSPENSIDA di Bogor. Jadi Hukum Tua se Kabupaten Mitra tidak ada yang keluar Negeri," ucapnya.


Artly Kountur mengungkapkan bahwa kegiatan RDP dengan Dinas PMD yang menghadirkan Hukum Tua tersebut ingin menjawab pertanyaan dan tudingan yang ada di Media Sosial.(hak)